Assalamua'laikum wr.wb.

Sungguah rancak carito doens benzuara nangko untuak mampalamak raso kopi, ambo juo akan bacarito saketek carito rakyat urang sulawesi utara.

disatu kampuang iduiklah sebuah keluarga kecil petani cangkeh, berhubung cangkeh alah mulai babungo mako pak tani tingga di parak yang jaraknyo dari desa kurang lebih 4 kilo, dan amak sipadja tingga dirumah jo anaknyo nan alah kls V SD. satu hari anak nangko pai jo kawan kawanyo ka tampek apaknyo di parak cangkeh, waktu anaknyo pulang apaknyo bapasan: " Pulu tolong sampaikan ka amak barisuak bawokan apak mesin tik, karano apak ka manulih surek".

Baitu sampai dirumah si Pulu lansuang manyampaikan pasan apaknyo, amaknyo manjawek: " iyo lah, barisuak pulang sakola pai lah waang ka parak, ketokan ka apak waang, masin tik bapita merah tunggulah sahari duo hari ko, nanti diagiah kaba".

Pulang sakola pai lah si pulu nangko manyampaikan pasan amaknyo ka parak, nampaknyo apak si pulu agak kesal dan disuruahnyo sipulu capek pulang.

Duo hari kamudian amaknyo manyuruah si Pulu pai ka parak cangkeh manyampaikan pasan ka apaknyo:" Apak pita masin tik nan hitam alah adoh, kato amak apakah masin tiknyo amak yang ma antakan ka parak atau apak nan kamanjapuik pulang".

Dengan kesal apak si pulu manjawek: "tolong kecek-an ka amak waang apak indak paralu mesin tik kiniko doh, sureknyo alah babuek jo  tangan sajo".

 Hanya segitulah carito dari ambo mampalamak main domino di lapau.

salam,

mariadi.

----- Original Message ----- Suatu hari seorang tukang kayu menebang kayu di
Hutan CJDW, dan
tidak sengaja kapak kesayangannya jatuh ke jurang. Si tukang kayu
sedih karena kapak pusaka satuČnya walaupun sudah tua umurnya.
Sedang sedihČnya datanglah seorang malaikat.

"He tukang kayu, kamu kenapa kok sedih sekali?"
"Iya nih malaikat, saya punya kapak satuČnya jatuh
ke jurang, gimana saya bisa nebang pohon lagi?"
"Oh gitu, kamu jangan sedih saya akan bantu ambilkan!"

Kemudian malaikat itu turun ke bawah jurang, dan dia ingin
mengetes kejujuran si tukang kayu tersebut dengan memberikan
kapak yang lain, yang pertama dikasihkan kapak dari emas.

"Pak, ini kapakmu?"
"Bukan, bukan. Kapak saya jelek kok."

Malaikat tersebut memberikan kapak yang kedua yang terbuat dari perak.
Kata si tukang kayu, "Bukan juga, yang punya saya sudah jelek kapaknya."

Malaikat senang karena tukang kayu ini jujur, dan dia berujar,
"Hei tukang kayu, karena kamu jujur, saya akan kasih< BR>kamu tiga kapak lagi yang baru."

Ketika pulang ke rumah, si tukang kayu cerita sama istrinya. Besoknya si
tukang kayu dan istrinya ke hutan untuk melihat tempat dia ketemu dengan
malaikat tersebut. Saking buruČ, si istrinya jatuh ke jurang, si
tukang kayu sedih lagi. Datang lagi malaikat yang kemarin untuk membantu.

"Lho, kamu kenapa, kok sedih lagi?"
"Iya nih, istri saya jatuh ke jurang, saya
sedih sekali karena dia istri saya satuČnya."

Lalu malaikat membantu untuk turun ke jurang lagi mencari istri tukang
kayu tersebut. Malaikat masih ingin ngetes lagi kejujuran si tukang
kayu, dengan memberikan Inul Daratesta ke tukang kayu tersebut.

"He tukang kayu, ini bukan istrimu?"
"Hmm, iya! Yah! betuul 'nggak salah lagi dia istri saya."

Karena tukang kayu mulai berbohong si malaikat jadi sedih.
Malaikat dengan nada sedih bertanya, "Kok kamu
tidak jujur dan berbohong pada saya?"

Tukang kayu membela diri, "Iya, soalnya kalau saya berkata
benar, nanti saya dikasih tiga istri lagi."