REPUBLIKA Selasa, 15 Juli 2003
Menyebarlah Gembala Evangelis

Tidak mudah untuk mendapatkan Majalah Time edisi 30 Juni 2003. Tak jelas,
apakah ada yang memborong atau dilarang aparat. Yang pasti, laporan utama
majalah itu tentang proyek kristenisasi, khususnya Kristen Evangelis, di
seluruh dunia.

Aliran ini juga yang dianut oleh Presiden AS George W Bush dan PM Inggris
Tony Blair. Judul cover depannya ''Haruskah Mengkristenkan Islam?'' dengan
subjudul ''Sekelompok misionaris generasi baru meluncurkan kampanye untuk
menyebarkan ajaran Injil ke negara-negara Islam''.

Disebut generasi baru, karena memang bukan yang pertama. Apalagi, para
pendeta atau ''pekerja agama'' itu relatif masih muda-muda. Usianya antara
20-30 tahun. Mereka rela datang atau diutus ke negara-negara yang menjadi
incaran para pemegang kebijakan Kristen Evangelis. Mereka percaya semua
itu
adalah perintah dari Tuhan Yesus untuk menyebarkan ajaran suci Kristen.

Seperti pesan Mattheus, pergi dan carilah murid dari seluruh bangsa,
baptis
mereka atas nama Tuhan Bapa dan Tuhan Anak dan Rohul Kudus, dan ajarilah
mereka untuk mematuhi semua yang Aku perintahkan. Dalam catatan Luis Bush,
seorang Evangelis asal Argentina, sebanyak 97 persen warga dunia belum
menganut Evangelis tinggal di garis lintang 10 dan 40 (lihat peta).

Itu adalah negara-negara miskin dengan kebanyakan menganut Islam, Budha,
dan
Hindu.
Mereka inilah yang menjadi incaran serius misi Evangelis pada abad ke-21
ini. Asia dan Timur Tengah adalah sasaran utamanya. Sedangkan
negara-negara
di belahan Amerika Latin dan sebagian Afrika sudah mereka garap sejak
1970-an. Upaya itu tergolong sukses.

Tidak kurang dari 27 ribu misionaris sudah disiapkan untuk misi itu.
Jumlah
ini mengalami kenaikan 100 persen dalam 19 tahun (1982-2001). Tercatat, 1
dari 2 adalah orang Amerika, dan 1 dari 3 adalah misionaris Evangelis.
Total
misionaris Evangelis mencapai 33 persen dari seluruh misionaris.

Tidak terhitung berapa besar dana yang mereka gunakan untuk itu. Yang
jelas,
ratusan juta dolar AS tiap tahunnya. Sebut saja, untuk misi kemanusiaan di
Irak bersamaan dengan invasi sekutu tidak kurang dari 10 juta dolar AS
dihabiskan, 2,5 juta di antaranya dipakai untuk bantuan kesehatan. Hanya
saja, Time tidak menyebut sudah berapa banyak Muslim yang pindah agama
akibat misi Evangelis tersebut. erd/times

PP

RantauNet http://www.rantaunet.com Isikan data keanggotaan anda di http://www.rantaunet.com/daftar.php -----------------------------------------------