----- Original Message -----
From: patricia <[EMAIL PROTECTED]>
To: <undisclosed-recipients>
Sent: Monday, July 28, 2003 1:57 PM
Subject: coca cola ?

Coca cola Anyone?

Ini di peroleh dari informasi seorang kenalan yang mensupplai filter disana
dan teman yang kerja jadi buruh di pabrik Coca Cola Bekasi. Engga ada maksud
apa-apa, cuma mau konfirmasi untuk cari kebenaran. Kalau ini benar, silakan
bapak bapak dan ibu ibu waspada meminumnya.
===============
Pabrik Coca Cola/ Fanta/ Sprite di Bekasi itu sterilisasi dan sanitasinya
ternyata tidak terjamin. Wadah penampungan "deposit glucose" nya tidak
pernah dibersihkan secara details, dan serangga seperti kecoa, cicak, rambut
ketombe dan sebangsanya tidak jarang tercebur kedalam cairan gulanya.
Pengawasan dari supervisor juga kurang dilakukan seksama karena kurangnya
orang yang bisa men "supervisi" masalah ini. Diantara sesama buruh pabriknya
sendiri ada suatu rahasia tahu sama tahu diantara mereka -(sekarang sudah
bukan rahasia lagi) - kalau pada satu/dua buruh iseng yang pernah beberapa
kali -(maaf)- mengencingi wadah penampung formula minuman Coca Cola yang
sedang diproses pembuatannya karena "marah" dengan management Coca Cola.
Kalau kita pikirkan cara pelampiasan "amarah" mereka tidak beralasan yaitu,
mengencinggi tempat penampungan BIKARBONAT dan Deposit Glucose Tank. Dan
sejauh ini pihak dan management Coca Cola tidak bisa melakukan tindakan apa
apa karena ini dilakukan oleh "mahkluk hidup" yang ternyata susah di control
emosinya, jika mereka di tegur...buruh lapangan yang berpenghasilan cuman Rp
150 rb per bulan ini akan marah besar dan sering kali sampai terjadi
perkelahian. Aku sendiri pernah di beri tau oleh teman dekat saya yang dari
Amerika yang bekerja disana untuk tidak mengkonsumsi minuman ini, dan ia
sangat menghimbau saya agar dapat memberikan masukan ini juga kepada
keluarga saya.
"don't worry, we are strong enough in market already, we have the market now
impossible we will down because of this" jelas dia. Aku hanya senyum saja
karena membayangkan sudah berapa botol diet coke yang aku konsumsi yang
ternyata itu adalah campuran air kencingnya "marno"....
Dalam kasus perbuatan iseng buruh ini, memang hanya jenis minuman Coca Cola
yang jadi sasaran. Sebab jenis minuman ini berwarna hitam pekat dan beraroma
bikarbonat yang keras, sehingga hasil perbuatan amoral itu tidak bisa
dideteksi mata dan hidung.
Sejauh yang diketahui, perbuatan itu tidak dilakukan pada jenis minuman
Sprite dan Fanta. Tapi bukan berarti pula kedua jenis minuman itu 'bersih
mengingat mereka berasal dari satu pabrik yang sama.
Para buruh yang bekerja di pabriknya pun mengaku mereka sendiri tidak pernah
mengkonsumsi minuman-minuman tersebut sehari-harinya (karena sudah tahu apa
saja yang sebetulnya tercampur dalam proses pembuatannya).
Ini adalah cerita benar...