hanya ada harapan, hanya ada tatapan lirih penuh arti,
hanya ada langkah kecil menapaki cakrawal, hanya ada
kabut menyelimuti tawa renyah bocah-bocah...

di atas langit masih ada langit, kita kan terus
tersenyum, karena Tuhan menakdirkan kita sebagai
pemenang, asal kita mau saja...

biarlah mereka
jangan lagi berharap padanya...
sampaikanlah hanya pada Dia...

untuk si upik jo si buyuang, bersabarlah....

sebagai ungkapan belasungkawa atas ketikberdayaan
rakyat jelata.

yesi elsandra

=======

Kepada Yth. Tuhan di Syurga…

Assalamualaikum

Tuhan, kuberanikan menulis surat ini pada-Mu, karena
tidak ada lagi yang mau peduli pada Ku juga Abak dan
Amak. Hari ini aku masuk sekolah, tapi karena Abak
belum membelikan aku seragam merah putih, terpaksa aku
memakai baju mengaji. Bu guru meyuruh aku keluar
karena melangar peraturan katanya, teman-temanpun
mentertawakan karena bajuku lain sendiri.

Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, Abak sakit
lagi. Amak tidak punya uang untuk beli obat. Jangankan
beli obat, perutku yang lapar pagi ini saja belum
diisi. Amak bilang, aku harus sabar.

Tuhan, berilah aku uang, sepuluh ribu saja. Untuk beli
seragam sekolah. Guru mengaji di Surau mengatakan,
kalau mau pintar harus sekolah. Aku ingin menjadi
orang pintar. Kata Abak dan Amak, orang bodoh hidupnya
akan miskin. Tidak ada yang mau peduli pada orang
miskin. Tapi kemiskinan telah berurat dan berakar
dalam kehidupan keluarga kami. Bagaimana
menghilangkanya Tuhan?

Tuhan, aku bisa berhitung. Dua tambah dua empatkan?
Tuhan hanya ada satu kan? Bumi ini bulatkan? Nanti ada
hari kiamatkan? Kata Amak aku pintar. Orang pintar
tidak boleh nakal katanya. Aku tidak akan nakal. Kalau
aku sudah besar, aku ingin jadi Dokter, agar bisa
mengobati penyakit Abak. Aku juga ingin membelikan
Amak rumah yang terbuat dari semen dan ada pagar
besinya agar pencuri tidak bisa masuk.

Tuhan, bener ya, beri aku uang sepuluh ribu
saja….jangan kirim lewat Pos, nanti dipotong Pak Pos….

Udah dulu ya Tuhan. Aku mau bobo. Besok pagi Aku
menggantikan Abak mengairi sawah. Oh iya, turunkan
hujan ya Tuhan, sawah kami sudah lama kering. Sumur
kami juga kering, kalau hujan tak juga turun aku tidak
bisa minum lagi.

Wassalam
Buyuang

=====
"Bersihkan hati, sucikan jiwa, raih kemenangan"

Yesi Elsandra