--- boes roestam <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Rahima di Kahira:

Iyah Mak Boes di Toronto

> iya judulnya dikritik oleh Rahima, tapi antara judul
> dan
> isi kan musti nyambung.

Benar,judulnya yang saya kritik,bukan isinya.Tapi
bukankah anak tersebut mengadu pada Tuhannya.Kalau
kita mengadu,kita biasa merendah dan
merintih,menangis,wajar seorang anak merintih pada
Allah SWT,Jadi ngak jadi masalah bila judulnya "
Rintihan seorang anak pada Tuhannya ",ketimbang " "
Kepada Yth,Tuhanku di Syorga "

Yang menjadi permasalahan bagi saya adalah
judulnya.banyak hal-hal yang kurang enak kedengarannya
dari judul tersebut.mari  sama-sama kita lihat Mak
Boes

Pertama :

Ngak wajar sekali rasanya kita memakai perantara " pak
Pos ",bila kita meminta pada Allah atas nasib yang
menimpa kita.Kenapa saya katakan begitu.

Biasanya,kalau kita tulis kata " kepada Yth,..biasanya
ada amplopnya,kalau yang jauh ada prangkonya dan
diantarkan oleh Pak Pos.Tapi kalau surat resmi,ada
yang perlu ada yang tidak.Dan biasanya,kalau sudah
surat,selalu ada yang antarkan kepada yang dituju
tersebut.( itu yang namanya pak Pos )

Apakah wajar kita memakai perantara dengan Allah ?
Bisa-bisa  Syirik kita jadinya.meminta itu langsung
aja pada Allah,ngak perlu pakai surat segala.

Kedua kata Tuhan ( apalagi disebutkan Tuhan di Syorga
),memang yang sering menyebutkan Tuhan di syorga itu
orang nasrani.Allah itu ada dimana saja,ngak di syorga
saja.

kedua : kata YTH,( yang terhormat ),seperti ucapan
kita sesama manusia biasa
saja.Yth..bapak-bapak..ibu..ibu..Padahal,Allah tidak
menyerupai siapapun.Lebih baik kita mengucapkan
seperti kata sanak Arnoldison " Ya Allah,..yang maha
penyayang,yang maha pengasih ",ini lebih terkesan
do'a,ketimbang kata-kata " Yang terhormat,kesan
do'anya ngak ada disana,kesan merendah dan
menghambakan diri hanya pada Allahpun kurang.

Cobalah kita sendiri saja mengucapkannya " yang
terhormat Tuhanku,..berilah daku segudang
emas..",Seharusnya antara do'a dan lafaz dhilalah (
kebesaran sesuai dengan isi do'a.Saat kita minta pada
Allah,karena kekurangan material,lebih baik ia
mengucapkan dulu kata-kata Ya Allah yang maha pengasih
dan maha penyayang,pemurah pada seluruh makhluk.

Sementara bila kita ingin perlindungan dari Allah dari
kedzaliman penguasa yang jahat,sebaiknya kita ucapkan
dulu, " Wahai Allah yang maha agung,maha Tinggi,maha
hakim,..dst..",yang jelas,lebih baik bila kita berdo'a
dimulai dengan lafaz-lafaz kebesaran yang diajarkan
oleh Rasulullah SAW,ataupun Al Qur'an itu sendiri.

Oh yah,mengenai lafaz Aaamiin,..jelas dari Allah,Kata
ini berasal dari kata " ammana..".kalau dijadikan
Fi'il Amr ( perintah menjadi ) " Aamin ".

Ini memang di suruh oleh rasulullah ,setiap kita
berdo'a untuk membacakan Amin,sebagai penutu,dan
penguat atas do'a kita tersebut,dan berketerusan turun
keberkatan akibat kata Amin tersebut.

Diriwayatkan dari ibnu Abbas,dari Rasulullah SAW,Ibnu
Abbas bertanya,apa makna dari Amin ya
Rasulullah.beliau menjawab " ya Allah perkenankanlah (
do'aku )".

Dari Abu Hurairah,ra.Ia berkata ,Rasulullah SAW
bersabda :Apabila seorang imam diantara kamu
mengucapkan kata-kata aamin,maka kamu hendaklah
mengaminkannya juga.Karena itu untuk mensesuaikan
antara antara aminnya,dengan amin Malaikat.."

Dan masih banyak lagi hadist-hadist Rasulullah
SAW,agar setiap kita berdo'a mengucapkan do'a
pengkhatam ini,yaitu amin,..jadi bukan ummat islam
meniri Nasrani dalam hal ini,tapi benar-benar ada
dalam Islam itu sendiri.rasulullah yang ajarkan pada
kita ummatnya.

Ada delapan permasalahan yang dapat diangkat dalam
kata-kata aamin ini,pertama,aamin yang selalu kita
baca pada akhir surah Alfatihah,adalah aamin yang
berfungsi untuk membedakan mana yang Al Qur'an dan
mana yang tidak Al Qur'an,

Yang kedua : sudah kita sebutkan diatas,untuk
selanjutnya maaf,bukan ini permasalahan inti kita.Saya
hanya memberikan bayangan saja,bahwa memang kata-kata
" aamin " ini berasal dr ajaran yang diajarkan oleh
Rasulullah SAW kepada kita.Sekali lagi bukan berasal
dari Nasrani.

Ada lagi yang mau saya komentari dari mak Boes,ttg apa
yah,..yang mak Boes postingkan dan ditujukan pada
sanak Arnoldison.Hmmm..saya lupa.hrs buka lagi,ntar
hilang lagi yang sudah saya tulis ini,habis balasnya
langsung sih,tanpa di MW dulu.Buru-buru.yah
sudahlah,sampai disini aja dulu,terlalu banyak.Lagian
saya mau rihlah ( jalan-jalan ) selama tiga hari,mulai
jum'at besok ini.saya cukupkan sampai disini dulu.Dan
Mohon maaf.

wassalam.Rahima.

http://sitebuilder.yahoo.com