Dalam pengobatan cina, baguak diberi gambar harimau (rajah) dari
warna biru juga.  Kata toapekongnya, setannya takut sama macan..:)
Barangkali bukan warna biru yang bisa naklukin virus, it could be
Ultra Violet.(?)

Too many thing yang tidak bisa dibuktikan dalam pengobatan tradional
model gini.  Bila tidak ada pengujian ilmiah, saya akan tetap ngotot
bilang bahwa itu semua cuman placebo effect.

Bahwa vitamin yang diberikan oleh mantri usman di kampung saya bisa
mengobati malaria, sampai hari ini saya juga nggak bisa tahu cara
kerjanya.   Atau air mineral dari danau erie, atau tongkat ali, atau
obat-obatan ajaib dari segala macam mlm.

To me, statistical research is a must before declaring a medicine is
adequate to handle a disease.

Bahwa banyak pengobatan tradiosional (jamu2an/ramuan balur luka dll)
yang mempunyai khasiat yang bagus; saya setuju.  Tapi kalo nasi anget
bisa ngobatin virus inside the body?  no wayy lahh...

soal orang kampung yang lebih smart dari saya, saya setuju.  sebab
saya sangat banyak belajar dari mereka.

~rarach