Oke....dirunut dulu kincia2 kita sebelum makin tawuran.

Pada masih inget zaman sekolah kenapa harus ada ulangan mingguan, ulangan umum, dan ujian akhir ???
Murid2 ada yang belajar sungguh2, ada yang udah siapkan contekan, ada yang nanya temen, ada yang nyamber kerjaan temennya dan ada yang pasrah.
Tujuannya adalah sebagai kaca diri apakah semua yang pernah diajarkan ke kita telah terserap dengan baik oleh para murid, sehingga mampu untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi. Kalau ketauan nyontek, ya bisa2 nggak lulus, kalau mujur ya selamet. Kalau yang pinter, seharusnya memang mendapat nilai yang seharusnya. Jadi kemampuan dan kreatifitas yang berperan demi sebuah kelulusan kan ?
Ini adalah analoginya.

Sama halnya dengan ketika kami memberikan 'otokritik' terhadap kampung halaman kami.
Untuk maju, kita harus berani mengintrospeksi diri.
Berani nerima kritik dari diri sendiri demi kebaikan diri sendiri.
Ketika Iraf berbicara, saya yakin dia bicara sebagai orang minang. Begitu juga saya yang ikut menanggapi, saya juga sebagai orang minang.
Juga demikian halnya ketika Bp. Zubir ngeluh, beliau juga nggak mungkin bicara sebagai orang Perancis kan ???

keilangan barang adalah soal ujiannya. kamar mandi bau adalah soal ujian berikutnya.
lalu apakah kita mampu membersihkan kamar mandi supaya rapor kita menjadi bagus ?
apakah kita mampu mengantisipasi maling2 kamar itu supaya lulus ujian ?

Ketika ada komentar :
jaan lah sabantuak itu bana manilai orang minang,
apo iyo alah saburuak itu bana, dan lain2...

jawabannya adalah : YA !!!
kenapa ?
dua komentar di atas malahan memperkuat apa yang saya duga selama ini. Orang Minang emang nggak mau dirinya disalah2in, nggak mau dibilangin. Jadi gimana mau maju ???? kapan kita mau maju ????
Kapan bisa kita lulus ulangan umum dan terima rapor dengan angka 8 atau 9 lalu menjadi juara kelas, kalau hal kayak gini aja langsung disangka ngejelek2in kampung ????
Padahal di sini arenanya orang Minang, kita buka2an pun pastilah demi kampung kita sendiri. Jadi ini emang wadahnya untuk itu, nggak bakal malu deh mau buka2an juga, di sini nggak ada orang Jawa, Sunda, Bali, ato orang Ambon yang dengerin kita kok. Kali2 aja ada solusinya yang lahir dari sini.

Hal begini emang yang banyak dan paling banyak saya temui di mana aja. Di Sumbar atau masyarakat rantaunya : nggak mau berlapang dada mengakui kekurangan sendiri. Padahal dengan modal pengakuan terhadap kekurangan itu malah kita jadi maju.

Ada pula postingan yang cerita kecopetan laptop di Jogja dan di Bandung.
Kalau mau cerita kecopetan, kenapa saya nggak sekalian cerita waktu mobil saya dibongkar dashboardnya di halaman rumah saya sendiri sekitar jam 3 dini hari di Depok ??? Lalu beberapa tahun sebelumnya, waktu pulang kantor di atas bus ada yang nodongin cutter ke leher seorang cewek dan karena itu saya jadi trauma naik bus ??? Kenapa saya nggak nulis tentang mobil kijang om saya yang lenyap dari garasi rumahnya ???
Kenapa nggak saya tulis untuk menanggapi emailnya Iraf ?
Karena nggak ada relevansinya sama sekali.
Karena yang lagi dibahas adalah masalah keamanan hotel di Padang.
Jadi, jangan keluar dari topik dong.
Mendingan membahas kenapa Sedona kabur dari Bumi Minang ??? masih ada tuh hubungannya.

Juga nggak ada hubungan ngitungin jumlah anggota DPRD yang orang Minang. ya emang di Minang, terang aja anggotanya orang Minang, masa orang Papua sih ? pasti itu DPRDnya Papua deh ? gubernurnya pasti aja orang Minang...supir angkotnya di sana juga orang Minang kok. Temen saya di Bappeda juga orang Minang. temen2nya temen saya itu juga pada orang Minang kok.

Dan jangan jadi tipikal untuk selalu menilai negatif atas tulisan2 keluhan seperti ini dan malah menuduh sinis.
Liat positifnya deh dan nggak usah lah ba ibo hati.

Udah mau globalisasi, kalu mental nggak diubah, ya gimana mau maju ?
Di luar negeri sana orang malahan lagi sibuk berdagang Carbon, kita masih asik2 aja nguplik2 koper orang laen.

Tuh, liat mentalnya pengusaha martabak mesir kubang yang mau maju dan mematenkan resepnya. Bagus kan mikirnya ke depan. (semoga beliau memang mau urunan untuk membangun kampungnya di Kubang).

From: Irdam Syah
Apo iyo alah saburuak tu bana rang kampuang awak tu..
Bara puluah nan jadi anggota dprd..

Kirim email ke