Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php
> [...]
> klik: http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

> Assalamu'alaikum WW
>

> mungkin Uni R bisa maagiah pandangan soal apa itu

Waalaikumsalam.Wr.Wb.

Setahu uni,..Ruqiyah itu ngak punya system dek Z.
Begini ada hadist rasulullah SAW mengenai Ruqiyah
ini.Dari Hadist Ibn Sirin bahwanya nya ia berkata : "
Tidak ada ruqiyah selain dalam tiga perkara " Namlah,
( namimah = mengadu domba ),dan Humah = sakit demam =
annafs = jiwa ).

Ruqiyah maksudnya adalah meminta perlindungan pada
Allah SWT,atas kejahatan.

Ada juga Hadist yang melarang ruqiyah ini : " "
Janganlah kamu meminta perlindungan ( ruqiyah
).Sebenarnya maksud Hadist yang terakhir ini
adalah,kita dilarang meminta perlindungan pada selain
Allah, ( atau berubat )tetapi meminta pada manusia
semacam apa yah..namanya di Indonesia itu,.hmmm..kaya
dukunlah begitu ".

Banyak sekali Hadist2 setentangan dengan Ruqiyah
ini.Namun yang dibolehkan dalam agama hanyalah,(
inipun khusus untuk orang awam saja,bila orang yang
ilmunya sudah mencapai tingkat tinggi,karamah,alim
ulama,ini tidak dibolehkan,menurut pendapat ibnu atsir
didalam bukunya " Annihaayah fi gharibil hadist
).Karena apa..?

 Karena orang yang berilmu sudah sangat tahu,bahwa
yang menyembuhkan itu hanya Allah SWT,bila ia di timpa
cobaan semacam itu ( kemasukan jin,atau apa gitu
),sebaiknya ia hanya berlindung pada Allah dan sabar
atas musibah yang menimpanya.

Sementara orang awam,masih bisa dimengerti,karena ia
kurang tahu akan ayat-ayat Allah.( ini menurut ibnu
Atsir,kalau saya ditanya lain lagi jawaban saya )

Setahu saya,Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk
selalu membaca ayat muawwadzataini ( Qul audzubirabbil
falak dan annaas,),yaitu berlindung dari manusia dan
jin yang hasad,, dengki,dan dari kejahatan
makhlukNya,dari kejahatan malam apabila gelap
gulita,dan dari kejahatan tukang sihir yang menghembus
pada buhul-buhul,juga kejahatan bisyikan syetan yang
selalu membisikkannya ke dalam dada manusia.

Caranya,pernah datang muslimin kepada rasulullah SAW
mengadu akan perihal penyakitnya,maka Rasulullah
menghapuskan dan menghembuskan kepada orang tersebut
setelah membaca do'a dan ayat 2 Qul tadi.Juga do'a
Allahumma anta Syaafi,laasyafiya illa anta,.syafaan
laayughadiru saqaman "" ya Allah,Engkau maha penyembuh
sembuhkanlah orang ini dari penyakit,sembuh yang tidak
berbekas ( cacat ),do'a ini juga kita baca tatkala
mengunjungi orang sakit.

Jadi berubat dengan memakai ruqiyah ini dibolehkan
sebatas membaca do'a-do'a yang diajarkan dalam
Islam,dan tetap tawakkal pada Allah SWT,atas
kesembuhannya.( penyakit ini berupa demam,penyakit
dari terkena dengkian orang lain,ini sering terjadi di
Indonesia,dikampung-kampung,biasanya orang kalau sudah
iri pada kita,suka mengobati macam-macam terhadap
orang yang di dengkikan,dan bisa jadi Ummat Kristen
yang katanya ingin mengkristenkan Ummat islam
itu,akibat rasa dengki mereka terhadap Islam.)

Inilah sifat dengki itu,betapa jeleknya bila telah
bersarang didada manusia,segala macam cara akan ia
lakukan,ngak bisa dengan menjatuhkan nama orang,atau
islam itu secara halus,pakai secara kasar,bahkan
secara terang-terangan.

Lihatlah Ummat Kristen,segala kejelekan Islam
dibeber-beberkannya,bahkan dicari-carinya,yang tidak
ada,akan diada-adakannya,bahkan tak jarang dengan
kekerasan mereka lakukan hal semacam ini.Ini bersumber
dari rasa dengki saja.Mudah-mudahan kita dijauhi dari
sifat dengki ini ( Naudzubillahi mindzalik )<karena
ini merupakan wataknya orang Yahudi dan nasrani (
sesuai dengan firman Allah SWT ),padahal lihat
sendirilah betapa jelek dan buruknya watak mereka.(
kalau dijelaskan,..waduh..sangat terselubung dan
tersembunyi sekali )mereka itu Licik,didalam
kejahatan.Bukan cerdik,tapi licik.

Tetapi kita ngak heran,terkadang Ummat Islam sendiri
banyak yang begitu,betapa banyaknya diantara kita yang
licik,punya sifat iri,tidak senang bila orang lain
mendapat kebahagiaan,dan kemajuan.(
Naudzubillahimindzalik ,ngeri saya melihat watak
semacam ini ).

Padahal Islam hanya membolehkan iri terhadap seseorang
itu hanya dua macam saja,selain itu tidak boleh sama
sekali.yang dua itu adalah " Seorang yang diberikan
Allah harta yang banyak,kemudian ia berikan hartanya
tersebut pada jalan Allah dan membantu manusia dengan
hartanya tersebut.Kedua iri pada seseorang yang diberi
Allah Ilmu -ilmu Al Qur'an,kemudian orang tersebut
mengajarkannya pada manusia lainnya,sehingga
bermanfaat untuk orang lain dengan ilmunya tersebut ".

Hanya dua itu yang boleh kita irikan.iri dengan arti
kata,kita tidak boleh dengki,tetapi berusaha mengikuti
jalannya orang yang diberi Allah nikmat kedua
tersebut.Orang yang selalu bersedeqah dan orang yang
selalu diberi Allah Ilmu Al Qur'an tersebut.

Sementara dengki,biasanya dada orang tersebut terasa
sempit sesak dadanya melihat yang didengkikan tersebut
bahagia,mendapat kesenangan lahir dan bathin,mendapat
sanjungan atau pujian dari manusia lainnya,sehingga ia
berusaha keras agar semua kenikmatan yang dimiliki
orang tersebut hilang. ( Naudzubillahi minddzalik
),persis kaya orang Yahudi,yang sampai
sekarang,berusaha keras untuk merusak Islam,.ngak
dengan halus,mereka lakukan dengan kasar.

Kalau di zaman Rasulullah SAW,apabila rasulullah SAW
memuji salah seorang diantara sahabatnya ( ini sering
dilakukan oleh rasulullah terhadap para sahabatnya ).

Rasulullah pernah bilang begini " Akan datang nantik
seorang lelaki calon ahli syorga ".

Bagaimana sikap para sahabat ketika itu..?Bukannya
membenci,atau iri pada lelaki tersebut,tetapi berusaha
mengetahui apa,dan mengapa orang tersebut sampai
dikatakan begitu oleh Rasulullah SAW ? sampai-sampai
ada yang mengikutinya dan menginap di rumahnya selama
tiga hari tiga malam,demi untuk mengetahui sebab-sebab
orang tersebut dikatakan ahli syorga.Bayangkan
mulianya sikap para sahabat tersebut !.

Dan betapa banyaknya Rasulullah memuji sahabat-sahabat
,didepan sahabat lainnya,sehingga semua itu
termotivasi bagi yang lain.Rasululah SAW pun tak
jarang juga memuji dirinya sendiri,seperti sabda
beliau,kamu katakan kamu baik,banyak ibadah,banyak
puasa,shalat dan bangun malam,sementara aku juga
puasa,shalat,bangun malam,dan aku memberikan hakku
pada keluargaku.Aku adalah sebaik-baik manusia yang
bersikap pada keluargaku.

Terkadang kita sering berfikir,kita selalu memikirkan
kejelekan orang lain,melihat jeleknya manusia lain
yang ada disekeliling kita,sementara diri kita
sendiri,tidak terperhatikan oleh kita sendiri.Itu
namanya kita membangun rumah bertingkat tanpa pondasi
yang kuat,dan sesuai dengan rumah bertingkat
pula.Menggali pondasi rumah bertingkat tentu berbeda
dengan rumah yang tidak bertingkat dalam ukuran tanah
yang akan digali.

Sementara yang hanya bisa dilakukan oleh Ummat islam
adalah dengan banyak-banyak berlindung pada Allah
SWT,pakai jurus-jurus tawakkal,dan selalu mempertebal
keImanan,dan keyakinan,kesabaran,bahwa " Kebenaran
akan tegak,yang bathil akan lenyap " Ini sudah janji
Allah sama kita.

Soal pakai ruqiyah,boleh-boleh saja,asal sesuai dengan
yang diajarkan rasulullah SAW,dan..tidak diperbolehkan
yang mengobati tersebut menerima upah dari orang yang
diobatinya tersebut.

Wassalam.Rahima.

http://shopping.yahoo.com