Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

> Assalamualaikum ww
> Ciek lai nan ambo rusuah gan, kok iyo jadi tu ha,
> kama lo ka kito japuik cek
> gu Siti Rahima Sikumbang, kok sanyampang indak emuh
> liau datang ka lapau
> kito go lai, kan awak juo nan ka-sansai, kama kito
> ka-batanyo lai, mboyong
> semua ke suraunet? Yaaa.... bisa sih bisaaa.... tapi
> kan lebih enakan disini
> aja

Maaf selama ini saya diam aja,kalau orang bicara
masalah begini,atau masalah ingin buat " Bilik agama
".

Lha,..jadi yang dibicarakan,ngak boleh membicarakan
masalah Agama itu emang nya yang sedang dibicarakan
itu mengenai diri saya..? ( hahaha,.koq saya sendiri
ngak merasa yah..malah saya berfikiran positive
saja,mungkin yang ngak boleh dibicarakan itu,kalau
saja terjadi polemik tentang Islam,yang nada dan
radanya mengarah kepada menghina Islam,seperti Islam
Liberal lah,.Islam kambing congeklah,.dan
seterusnya,makanya saya positive thinking
saja,sehingga saya jalan terus. )

Mengenai " Bilik Agama " itu,jelas, donk,.saya ngak
mau di kurung.Emangnya enak di kurung apa..? kaya
burung dalam sangkar aja,kalau begitu.Saya ngak mau
jadi burung di dalam sangkar ,sebab saya punya dua
sayap yang bisa terbang,buat apa Allah kasih saya dua
sayap,kalau ngak saya pergunakan buat terbang
melanglang buana.

Dan di Suraupun yang sering muncul juga saya,HM
Abdurrahman,Ronald,Arnoldison ,dan lainnya itu.
Yah,.orangnya itu-itu juga.

Hanya saja,kenapa saya lebih suka di RN ini,karena
radanya santai,( sifat sebagian
manusianya,kekeluargaan ) manusia nya
bermacam-macam,ada yang emosionalan lah,sensitif
lah,tenanglah,pemarahlah,sedang-sedang
ajalah,macem-macem deh ,yang dibicarakan juga
macam-macam,yah..kaya makanan di hidangkanlah,ada
sate,bakso,tomyam,gulai,empek-empek,macam-macem deh
pokonya,banyak pilihan.

Kalau suatu saat saya berkeinginan pergi,saya akan
pergi juga.Saya ngak suka diatur-atur oleh orang
lain,tapi suka dinasehati.

Dulu semasa kuliyah tingkat II ,naik ketingkat III,ada
pilihan jurusan.Pada dasarnya yang pantas untuk bidang
yang saya sukai sebenarnya saya suka jurusan
Tafsir,dikarenakan saat itu sudah hafal 30
juz,sehingga wajar dan pas sekali saya masuk jurusan
tafsir.

Tapi dikarenakan,saya ngak sampai hati,melihat ada
orang yang selalu dadanya sempit,melihat saya
maju,dipuji orang terus saya,ketika itu,baik dalam
organisasi,ataupun bidang akademik,serta pergaulan
baik,lelaki ataupun wanita bisa,sementara orang
tersebut ( wanita ),kakak kelas saya,cuman karena ia
ngak naik tingkat,sehingga pada akhirnya saya lebih
maju dari ia,bahkan,dalam pergaulan dengan
lelakipun,maju dikit saya.

Sehingga wajar sajalah,ia merasa dadanya sakit
saja,setiap melihat saya di puji2 orang terus.Apalagi
saya cepat dapat jodoh,sementara ia sampai saat inipun
belum juga ketemu jodohnya. ( saya sangat kasihan
dengan dirinya pada dasarnya )

Saya ngak salahkan ia,tapi salahkan hatinya saja,yang
ngak diisi dengan kalam Allah dan RasulNya.Sebab,kalau
diisi dengan kalam Allah dan rasulNya,ngak mungkin
orang itu sampai sempit dadanya melihat kemajuan orang
lain,dan pujian-pujian,serta
kelebihan-kelebihan,ataupun kekurangan orang lain .

Pada akhirnya,karena saya sayang sama dia,saya memilih
jurusan Al Hadist.Saya tahu ia memilih jurusan
Tafsir,makanya saya mencoba,agar ia tidak lagi sering
melihat saya dan orang lain yang sering  bertanya
tentang keadaan saya,serta sampaian salam orang pada
saya ( terutama dari lelaki ketika itu,hampir tiap
hari,saya dapat salam terus,dan juga pujian-pujian
),tidak lagi ia dengar.Saya bisa mengalah demi
menyelamatkan jiwa orang lain,dari sifat yang ngak
baik.

Begitupun,tatkala saya setahun menjadi guru,sudah akan
diangkat menjadi kepala bagian keAgamaan ( wakil
kepala sekolah jadinya ),dalam waktu yang relatif
singkat sekali,dalam karier bisa maju.Tapi ada seorang
pegawai,yang ngak senang hatinya,saya disenangi
murid-murid dan guru-guru lainnya,dimana saya harus
diangkat langsung jadi kepala bagian,sementara ia yang
rasanya sudah bekerja bertahun-tahun,begitu-gitu juga.

Sekali lagi,saya mengalah,saya pilih keluar,dan minta
tugas belajar kembali ke Kairo.Memang pada akhirnya
yang rugi adalah sekolah itu sendiri.tapi tak
seorangpun yang tahu selama ini,mengapa saya memilih
jurusan Hadist,dan mengapa saya memilih kembali tugas
belajar ke Kairo.Kecuali hari ini saya sampaikan kisah
saya di RN ini saja.

Dan memang bisa jadi,suatu saat kelak,saya akan keluar
dari RN ini,kalau saya sudah tetapkan sikap,dan tak
akan pernah kembali lagi .Semua ini demi penyelamatan
jiwa yang ngak senang saya berada di sini.Watak saya
pengalah sekali dalam hal ini,tapi kalau untuk
mempertahankan kebenaran apa yang berasal dari Allah
dan rasulNya,mati-matian akan saya pertahankan.

Namun kalau untuk berebut
popularitas,jabatan,pujian-pujian,sampai bermusuhan
dan berantem,Naudzubillahi Mindzalik,saya lebih baik
memilih menghindar dan menjauh.Saya ngak mau hidup
untuk memegang jabatan,yang pantas saja saya masih
menolak,apalagi kalau tak sesuai dengan bidang
saya,saya tolak mentah-mentah.

Nantikpun kelak,saya yakin, yang saya alami,akan
terjadi semacam itu,orang suka berebut jabatan dan
popularitas.Alhamdulillah,mudah-mudahan dan
InsyaAllah,saya tidak termasuk orang yang suka berebut
jabatan,tapi kalau orang mempercayai saya untuk
memegang suatu jabatan,yang memang sesuai dengan
bidang saya,saya fikirkan dulu matang-matang.Saya
punya suami dan teman akrab sekali,untuk saya minta
pertimbangannya.

Hidup saya sudah terbiasa Qanaa'h ,( puas dengan apa
yang diberikan oleh Allah pada saya ),Ngak suka
bersikap iri,dengki,atas apapun yang dimiliki orang
lain,ngak suka cari-cari kesalahan orang lain,apalagi
ngak ada hubungannya dengan suatu permasalahan yang
dibicarakan ,ngak mau berburuk sangka,kalau itu ngak
pasti.

Yang pasti saya suka hidup apa adanya saya.Itu
saja.Hidup sangat simple,dan memandang hidup itu "
take it easy,tidak mau mempersulit kehidupan.".Karena
apa,..? Karena toh,.hidup ini hanya untuk sementara
saja koq,yang kekal dan abadi itu hanya di akhirat
kelak.Saya ngak mau mempersempit dada dan hati saya
sendiri,rusak dan jeleknya juga buat diri saya
sendiri,kalau itu saya lakukan.

Wassalam.Rahima.

http://shopping.yahoo.com