buat Iraf

Suntikan ke dalam pembuluh darah langsung (intra venous) bagi jaringan (vena dan jaringan sekitarnya) merupakan sebuah trauma. Sistem pertahanan tubuh kita akan merespon aksi itu dengan melokalisir(membuat perlindungan dengan mencegah trauma tidak semakin luas)  kemudian menetralisir kalau ada benda asing dan yang paling penting meransang pembentukan sel2 baru untuk mengembalikan jaringan ke keadaan semula (healing proses). Keberhasilan proses penyembuhan ini sangat tergantung pada berat ringannya trauma, fit unfitnya jaringan ketika kena trauma dan faktor internal lainnya. Proses penyembuhan yang normal sebenarnya tidak memakan waktu yang lama biasanya hanya 1-2 hari untuk trauma ringan.
Pertanyaannya kenapa pada Iraf terjadi keterlambatan healing proses? Banyak hal yang bisa dijadikan kambing hitam (tersangka, di kedokteran kita menganut praduga bersalah artinya kita harus menduga sesuatu bersalah dulu sampai kita buktikan dia tidak bersalah). Dugaan yang paling kuat saya kira adalah karena Iraf sedang tidak fit ketika saya lakukan penyuntikan intravenous sehingga timbul kebiruan (tanda bahwa oksigenasi jaringan ditempat biru itu terganggu). Saran saya Iraf Olah raga yang teratur, konsumsi buah dengan kadar vit C tinggi. Kalau punya oksigen dirumah boleh dihirup dengan kecepatn 2 liter permenit selama 3 jam perhari.

Demikian
Semoga cepat sembuh
Konsultasi lanjutan di lapangan tenis

Wassalam
Rahyussalim

btw, dok rahyus .. kok bekas suntikan di vena -ku sampai sekarang masih membiru ya?

Iraf

Kirim email ke