Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

--- zul amri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dinda Rahima Rahim Yth  :
>

> Assalamualikum wr.wb
>

> Kita mengetahui bahwa ayat yang pertama kali
> diturunkan Allah SWT melalui malaikat Jibril adalah
> surat Al Alaq ayat 1 sampai  dengan 5 , yang sampai
> sekarang kita peringati dengan hari turunnya Al
> Quran setiap tanggal 17 Ramadhan .

Untuk sementara waktu saya jawab singkat aja dulu.

Iyah benar,menurut kebanyakan pendapat ulama.Meski
Muhammad Abduh berpendapat lain.Ia mengatakan bahwa
ayat pertama turun adalah surah Al Fatihah.Tapi
alasannya yang dengan alasan logika ini ditolak para
ulama,karena tidak sesuai dengan sejarah turunnya ayat
Al Qur'an itu sendiri.

> Saya ingin bertanya , sesudah surat Al Alaq tersebut
> ayat mana lagi yang diturunkan oleh Allah , sebagai
> wahyu ke dua dan seterusnya  ??

Ada ulama yang mengatakan surah Al Muddatsir,ada yang
mengatakan Al Muzzammil,kedua-duanya sama kuat
dalilnya,karena hampir bersamaan kisah ( isi kandungan
di kedua ayat tersebut ),Yaitu pengukuhan terhadap
Rasulullah SAW atas Dakwah beliau.

Ada juga yang bilang surah Nun ( tapi ini kurang kuat
dalilnya.

> Dan mengapa sistematika penulisan / penyusunan Al
> Quran dimulai dengan suart Al Fatihah dan terakhir
> dengan surat An Naas , kenapa tidak sesuai dengan
> urutan turunnya wahyu ilahi ?  mohon penjelasan
> Dinda Rahima ! mumpung masih suasana puasa dan
> mendekati Nuzul Quran  Dan seandainya sudah pernah
> dibahas , mohon jawaban dikirim aja ke Japri .

Sistematika penulisan Mushaf dan urutan
ayat,kebanyakan ulama sepakat itu adalah berasal dari
para sahabat Ra,sementara urutan ayat berasal dari
Rasulullah SAW bersama pengulangan beliau bersama
Malaikat Jibril tiap tahun,di bulan Ramadhan.

Kenapa surah Al Fatihah di mulai duluan?

Karena isi Al fatihah itu sudah mencakup kebanyakan
isi Al Qur'an.Serta Al Fatihah itu sendiri artinya "
Surah Pembuka "

Begitupun dengan surah An Nass.Adalah berhubungan
antara dua surah ( isi kedua surah tersebut saling
berhubungan satu sama lain ),dan kalau kita
perhatikan,semua surah antara atu surah dengan surah
selanjutnya saling berhubungan,seperti surah Al baqara
berhubungan dengan surah Al fatihah,begitu juga akhir
dari surah Al baqarah berhubungan dengan surah Al
Imran.

Begitu juga,antara awal dan akhir surah,juga isi
kandungan ayat antara surah yang sebelum dan
sesudahnya saling berkaitan erat.Itu sebabnya
penyusunan di buat semacam itu.

Demikian dulu jawaban saya da Zul .Perbanyak maaf.

Wassalam.Wr.Wb.

Rahima ( 34 )

> Wassalamualikum wr.wb
>

> Kanda : Zul amry ( 55 + ) dikuta bali
>

> Zul Amry Piliang di kuta bali

Protect your identity with Yahoo! Mail AddressGuard
http://antispam.yahoo.com/whatsnewfree