Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

Assalamu'alaikum wr.wb.
Terima kasih sanak Firnandez dan sanak Darul atas komentarnya. Namun sejarah
sungai Nil memang tidak habis-habisnya kalau dituliskan di kertas. Sungai
Nil sudah ada sejak dunia takambang dan banyak pula kejadian-kejadian,
kajaiban-keajaiban terjadi disana. Ada kisah Nabi Musa yang dihanyutkan di
Sungai Nil, kisah Farao/Fir'un, kisah Nabi Yusuf dan Nabiyullah yang lainnya
yang disebutkan juga dalam Al-Qur'an dan Kitab Suci lainnya.
Hulu sungai Nil ada di Ethiopia (Nil Al-Akhdar, Nil Hijau) juga dari Sudan,
Nil Al-Azraq (Nil Biru). Aliran kedua sungai ini membelah pusat kota Sudan,
Khartoum dan terus ke Aswan. Kota Aswan di Selatan secara georaphi memang
lebih tinggi posisinya dari delta Nil (Cairo sampai Iskandariah). Sebelum
adanya Sad-El-Aly (Like Nasser) yang dibangun atas bantuan Rusia, delta nil
termasuk Cairo dulunya sering mengalami banjir bandang dari Aswan dan Luxor.
Nenek moyang orang Mesir, katakanlah turunan Firaun dulu membuat
tambak-tambak dan pulau-pulau kecil di lembah Nil di Luxor, diatas
pulau-pulau kecil itulah mereka membangun gedung raksasa yang amat kuat
sebagai tempat tinggal dan istana-istana (peninggalan ini masih dapat
dilihat sampai sekarang seperti yang diceritakan Rahima).
Wassalam
ZS Mangkuto.