From: Arnoldison <[EMAIL PROTECTED]>
To: Saafroedin BAHAR <RantauNet@googlegroups.com>
Sent: Saturday, March 24, 2007 6:26:47 AM
Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: Refleksi dari Kondisi Keminangan kita?

Assalamu'alaykum wr.wb

Ambo ingin ikut urun rembuk,

Pertama  manuruik  ambo  kondisi  keminangan  tidak bisa diukur dengan
sukses  atau  tidaknya  pengumpulan dana bantuan sosial yang dilakukan
melalui milis ini. Karena banyak faktor yang menyebakan kurang sukses,
terutama soal kepercayaan dari para donatur, kepercayaan disini bukan
bearti nantinya sumbangan tersebut tidak sampai, tapi mungkin saja
karena kurang dikenal.

Banyak ambo perhatikan  urang minang yang menyalurkan sumbangan
kekampungnya secara langsung (sehingga tidak terliput media),
menyalurkannya bukan melalui institusi minang, melainkan lembaga yang
memang sudah berpengalaman,  terlatih dan tahu  apa yang harus
dikerjakan disana.

Jadi walaupun kelihatan disini partisipasi pengumpulan dana agak
kurang tapi bukan berarti kendurnya semangat keminangan.

Kalau dikaji mengenai keminangan, maka mungkin ditanyakan keminangan
itu berarti apa ?

Bagi orang yang masa mudanya tumbuh dan besar dikampung, maka minang
berarti adalah bagian dari kehidupan yang tidak terlupakan, masa
anak-anak, masa  bermain, masa remaja dstnya.

Tapi bagi orang yang besar di rantau atau bahkan lahir di rantau yang
kebetulan beribubapakan orang minang maka tentu rasa itu tidak ada.

Kalau urang muda di rantau yang cuma sekali-sekali ke danau singkarak
tentu kesannya tidak mendalam dibandingkan urang yang memang
pernah waktu kecil mandi dan bermain disana.

Sehingga bagi orang-orang keturunan minang yang berada dirantau memiliki
pertanyaan keminangan (menjadi orang minang) , maknanya apa ?

Kalau menjadi orang minang pergi ke rumah makan Padang juga akan
membayar jumlah yang sama seperti orang non minang lainnya.
Kalau kebetulan pemilik toko buku adalah orang minang juga tidak serta
merta akan memberikan potongan harga bagi orang minang yang berbelanja disana.
Kalau berada di bus umum juga bila copetnya kebetulan orang minang maka
tidak mungkian juga ia terlepas dari incaran (sehingga copetnya tidak jadi
melakukan aksi).

Juga  kalau  pulang kampung ketika berada di terminal bus Padang, atau
di  bandara MIA juga harus hati-hati terhadap calo disana yang padahal
juga merupakan sesama orang minang.

Jadi apa bedanya antara menjadi orang minang dan bukan orang minang?.

Kalau menjadi orang minang  sekedar karena faktorlahir di ranah minang atau
ibunya orang minang, maka menjadi orang minang adalah sesuatu yang
berada diluar kekuasaan seorang atau sesuatu yang terjadi begitu saja
yang harus diterima, seperti orang yang terlahir rambutnya ikal,
hidungnya pesek, kulitnya hitam, dsbnya. Maka menjadi orang minang bukanlah
suatu prestasi yang harus diraih.

Perkumpulan, organisasi yang berdasarkan hanya sekedar faktor ciri
kesamaan tempat lahir, warna kulit, bentuk fisik, keturunan  hanya
akan membentuk sentimen ras. Maka perlu dijawab apakah yang dimaksud
keminangan itu sendiri.

Keminangan haruslah merupakan  suatu ide atau bentuk cita-cita masa depan,
Tanpa adanya ide atau cita-cita kemasa depan tidaklah akan mendapatkan
jamaah yang kuat.

Bagaimana  mensosialisakan  keminangan  diranah minang itu sendiri  dan
dirantau agar
tidak  terkesan  hanya  sekedar  bernostalgia di masa lampau, dan juga
tidak  bermaksud  sebagai  pengukuhan  kembali  bentuk bentuk struktur
masyarakat yang feodalistik yang pernah ada dalam perjalanannya yang pada masa
sekarang ini sesuatu yang tidak disukai.

Seandainya  mengajak masyarakat minang dikampung dan dirantau untuk
membangun nagari maka disosialisasikan perlunya dan tujuan membangun
nagari minang, urgensinya, dampak dan akibatnya.
Urang muda dirantau yang tinggal di Bekasi bisa jadi mempunyai pertanyaan kenapa
harus membangun nagari minang bukan nagari Bekasi, dan tentu kita tidak
bisa menganggapnyap pertanyaan yang bodoh, karena memang urang muda dirantau
tidak memiliki ikatan emosional seperti nan tuo-tuo.

Wassalamu'alaykum wr.wb

--
Best regards,
Arnoldison                            mailto:[EMAIL PROTECTED]