Terima kasih sanak Arnoldison atas tanggapannya.
Tanggapan saya di selipnya,

On Wednesday 04 April 2007 05:26, Arnoldison wrote:
>        Cara penurunan harta pusaka tersebut merupakan bentuk proteksi
>        bagi perempuan,

Terus terang saya merasa jawaban ini adalah jawaban pertanyaan mengapa
pendelegasian dilakukan ke pihak perempuan, dan bukan jawaban pertanyaan saya
mengapa laki-laki tak diberi hak dalam sistem pendelegasian itu.

suatu hal yang tidak diragukan lagi bahwa laki-laki
> minang banyak yang merantau, meninggalkan kampung halaman yang tidak jelas
> peruntungannya, bisa sukses atau harus kembali keranah degan tangan hampa.
>        Selama dirantau juga belum dapat dipastikan untuk memberi
>        nafkah kepada isteri yang ditinggalkan, sehingga dengan adanya
>        tanah pusaka ini bisa digunakan untuk membiayai kehidupan
>        keluarga yang ditinggalkan.

saya tidak punya catatan tentang budaya merantau orang Minang, apakah sejak
dulunya sudah begitu atau malah dimulai sejak pengaruh islam pertama masuk
hingga merebak semakin menjadi pada masa episode surau hingga kini. jadi
relevansi alasan merantau ini masih jadi pertanyaan bagi saya.

>        Dengan sistem tanah pusaka ini ternyata telah melindungi
>        masyarakat minang dari kehilangan pemilikan tanah seperti hal
>        yang terjadi pada penduduk jawa.

Faktor positif dari sistem ini dengan terjaganya aset tanah pusako dapat kita
mengerti sepenuhnya. Namanya saja tanah adat, ya gak semestinya
diperjualbelikan. sehingga rasanya jika juga diberikan hak sama kepada
laki-laki juga sama saja yang terjadi. Malah, rasanya ikatan laki-laki
terhadap tanah leluhurnya lebih kuat.

wassalam
erwin z