Pondasi Pertama Kesuksesan

Baru-baru ini saya cukup terkejut ketika menerima sms dari seorang sahabat,
sebut saja Linda namanya,, Ia bertanya apakah bunuh diri merupakan sebuah
tindakan yang bijaksana,,

  "Pras, akankah jiwa orang yang meninggal karena bunuh diri akan hidup tenang,
bahagia serta diterima di sisi Tuhan?" begitu tulis Linda,,

  Rasa penasaran saya lalu muncul, lalu saya membalas, "Itu pertanyaan berat
dan merupakan misteri Ilahi,, Yang pasti Tuhan itu Maha Pengasih dan hidup
manusia adalah karunia cinta-Nya,,"

Beberapa hari kemudian saya menerima kabar dari kakaknya bahwa Linda berusaha
bunuh diri dengan minum obat tidur,, Saat itu, Linda masih terbaring di sebuah
rumah sakit ,, Rupanya gadis yang dikenal enerjik ini mengalami frustrasi
setelah kehilangan orang yang dikasihinya,, Ia kemudian merasa hidupnya hampa
dan sia-sia,, Ia merasa hidupnya tidak lagi berguna,,

Peristiwa yang dialami Linda sekali lagi membuat saya harus merenungkan kembali
makna hidup ini,, Saya masih ingat persis, saat hari-hari pertama kuliah di
Jurusan Teknik Kimia ,, Saat itu, sang dosen bertanya kepada mahasiswa, "Di
mana letak laboratorium tercanggih di dunia?" Ada yang menjawab universitas X
atau institut Y,, Terhadap semua jawaban itu, sang dosen hanya menggeleng
sambil tersenyum,, Akhirnya ia menjawab, "Laboratorium kimia tercanggih adalah
tubuh manusia,, Semua proses kimia berlangsung secara otomatis tanpa kita
sadari,, Saat menarik napas kita memasukkan oksigen dan saat menghembuskan
napas, kita mengeluarkan karbondioksida,,"

Serasa belum puas "ngerjain" mahasiswa, ia kembali bertanya, "Apa karunia Ilahi
yang jarang disyukuri manusia?" Kali ini mahasiswa mencoba lebih kritis,,
Terhadap berbagai jawaban mahasiswa, lagi-lagi sang dosen yang telah berambut
putih itu menggeleng sambil menjawab, "Karunia itu bernama oksigen!" Ya,
oksigen! Mungkin kedengarannya tidak terlalu serius tapi saya pernah membaca
sebuah penelitian yang mengatakan, tanpa oksigen manusia akan mati dalam waktu
4 menit,,

Kisah Linda dan sang dosen tadi seolah-olah hendak mengingatkan kembali saya
bahwa hidup adalah sebuah karunia Ilahi,, Bahkan, hidup adalah sebuah mukjizat!
Ketika belajar tentang sistem reproduksi manusia saya baru tahu kalau setiap
kali mengalami ejakulasi, seorang laki-laki akan mengeluarkan 3-5 cc sperma,,
Dalam setiap cc terkandung lebih dari 20 juta spermatozoid,, Artinya, dalam
setiap kali ejakulasi ada sekitar 100 juta spermatozoid yang berlomba-lomba
untuk mencapai sel telur,, Semuanya berkompetisi dan hanya satu pemenangnya,,
Itulah pengalaman yang pernah kita alami,, Anda dan saya! Itulah salah satu
tanda bahwa hidup manusia sangat berharga sekaligus tanda bahwa Anda dan saya
dilahirkan untuk sukses,, Inilah sukses yang pertama kali kita capai yakni
ketika kita berhasil mengalahkan sekian puluh juta "saudara-saudara"
spermatozoid lainnya,, Anda dan saya luar biasa!

Itulah sebabnya saya selalu menegaskan bahwa pondasi pertama kesuksesan adalah
kesadaran bahwa hidup manusia merupakan mukjizat Ilahi,, Bukankah kita sama
sekali tidak pernah meminta kepada Sang Pemberi Hidup agar kita dihadirkan ke
dunia ini? Hidup adalah salah satu wujud kemurahan hati-Nya,, Itulah sebabnya
Anda harus kagum kepada diri sendiri dan juga orang lain,, Semua manusia lebih
berharga, lebih bernilai, langka dan tak terkira dibandingkan batu permata yang
paling mahal dan paling langka, dan itu harus kita syukuri,,,

Meski jelas-jelas manusia adalah makhluk berharga dan kehidupan adalah sebuah
mukjizat toh banyak dari kita yang tidak menyadarinya,, Padahal kesadaran bahwa
kita berharga adalah kekuatan yang mampu menggerakkan kita untuk meraih impian
kita, apa pun itu,, Kesadaran semacam ini akan membuat kita mengambil tanggung
jawab terhadap hidup kita,, Kesadaran ini mampu membuat kita mengisi hidup
dengan kegiatan bermutu sebagai wujud syukur kita kepada-Nya,, Sudahkah kita
menyadari semuanya itu? ***