MAMMAAAAA IJUL IIIKKKKUUUTTTT

  Sebenarnya aku juga sedih membaca “ Mandikan Aku Bunda “
  Airmatakupun bergulir meleleh dipipi
  Ingatanku melayang kembali ketahun 1990
  Waktu itu aku mahasiswa PRA S2 ITB bidang Matematika

  Aku di Bandung sendirian jadi anak kost
  Ijul aku titip ke kakakku yang di Jakarta
  Usia ijul jelang 3 tahun.
  Kakakku juga punya anak kecil
  Yang tua laki-laki usia 4 tahun
  Yang kecil perempuan usia 2 tahun
  Yah aku telah membebani kakakku
  Aku terpaksa titip ijul karena ijul tidak tahan dingin Bandung
  Ijul menderita Asma
  Tinggal bersama papanya di Bengkulu juga tidak mungkin waktu itu
  Maklum papanya laki-laki Minang yang masih berusia 28 tahun

  Setiap ada kesempatan, aku pulang ke Jakarta
  Betapa senangnya ijul kalau aku datang
  Tangannya tak lepas dariku
  Tak boleh sepupunya memegangiku
  ” Ini mama ijul” katanya
  Kalau aku ingin balik ke Bandung
  Si ijul aku ajak tidur dulu
  Ketika dia tidur, aku kabur

  Suatu hari ketika aku hendak balik ke Bandung
  Si ijul tidak mau ku ajak tidur
  Aduh aku bingung bagaimana caranya kabur
  Ku tunggu dan ku tunggu sampai waktunya aku terpaksa pergi
  Ijul tidak kunjung tidur.
  Aku minta si mbak memegangi dia
  Lalu aku pergi.terang terangan
  Ku dengar teriakan ijul yang menyayat hati
  Maammmaaaaaa ijul ikkuuuttttttt
  Aku tetap malangkah dan tidak menoleh lagi
  Tapi semangatku tertinggal di Jakarta

  Bengkulu, 14 Mei 2007

  Hanifah Damanhuri

  NB. Pak Saaf, kata dilla terimakasih saran bapak. Maklum itu liputan pertama
dilla