sesuai dengan konsep wujud kebudayaan, maka adat merupakan salah satu wujud
dari kebudayaan itu sendiri. adat atau aturan merupakan wujud dari ide yang
disusun menjadi konsep dan melalui konsensus masyarakat pendukungnya.

untuk sistem religi, di sini tidak hanya membicarakan ttg agama, tetapi juga
termasuk sistem kepercayaan non agama apa pun bentuknya.
dan yang dianggap sebagai sistem religi yg termasuk kebudayaan bukanlah pada
konsep ketuhannya, tetapi lebih cenderung kepada konsep perilaku, kebisaan,
tradisi dll. karena konsep ketuhanan memang bukan wilayah budaya. kebudayaan
hanya mengatur pada wilayah output dari konsep ketuhanan itu. seperti ada
nya ritual-ritual persembahan...

On 7/7/07, Ahmad Ridha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> dari
> >

> Pertanyaannya di sini adalah apakah adat ekivalen dengan kebudayaan?
> Ataukah adat juga hanyalah bagian dari kebudayaan?
>
> Kemudian, apakah definisi kebudayaan menurut Prof. Koentjaraningrat?
> Disebutkan bahwa sistem religi juga dimasukkan dalam kebudayaan.
> Karena jika kebudayaan didefinisikan sebagai hasil budi manusia maka
> Islam tidak masuk ke dalamnya karena landasannya adalah wahyu.
>
> --
> Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
> (l. 1400 H/1980 M)

Yudi F
+62 819 3135 7781
http://yudifebri.multiply.com
YM ID : yudifebri

Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, bulan Juni 2008.
Website: http://www.rantaunet.org