Martin Luther pernah berselisih paham hebat dengan seorang tokoh lain penentang
utama kepausan Roma.  Padahal kalau berdasar teori musuh dari musuhmu adalah
sekutumu, tak seharusnya mereka berselesih sebegitu hebatnya.  Mereka menjadi
berkelahi sebegitu hebatnya hanya karena tidak sepakat soal pengandaian roti
dan anggur.  Padahal semua orang tahu, roti ya roti, anggur ya anggur.

Saya tak hendak menjadi seorang Martin Luther dalam adat minang.  Tak perlu
nama ini terpaku dalam sejarah peradaban minangkabau ini.  Saya hanya ingin
menjadi paku kecil saja.  Tentu sebagian kita pernah membeli secara knock down
sebuah rak buku atau rak TV bermerek Olympic dan sejenisnya di toko serba ada.
Ketika merangkai kembali potongan-potongan rak tersebut di rumah, kita akan
berhadapan dengan sekrup dan paku-paku.  Baik besar ataupun kecil.  Biasanya
bagian terakhir yang kita pasang dan paling gampang pula adalah triplek penutup
sisi belakang.  Direkatkan ke bingkai-bingkai utama dengan paku-paku kecil.
Itulah mimpi saya: menjadi sebuah paku kecil di belakang itu.

Kembali soal adat dan estetika, bagi saya memang sudah begitu.  Soal hormat
kepada orang tua, membantu yang susah, apalagi memandang air selalu mengalir ke
tempat yang lebih rendah, tak menjadi minang pun seyogyanya kita memang sudah
harus begitu.  Saya yakin dan percaya, masyarakat aztec atau suku inca juga
punya nilai yang sama.

Tapi ini soal lain.

Ini soal ulayat, tata cara mengalokasikan tanah garapan oleh mamak kapalo kaum.
 Kebiasaan acara baralek, batagak pangulu atau tata cara berdukacita dan
seterusnya.  Apalagi hanya acara barundiang salasai makan, bajalan salapeh
arak, soal tempat duduak urang sumando, induak-induak yang hanya mengurus
hidangan saja.  Lalu ketika keputusan sudah bulat, mamak kepala kaum berteriak
ke induak-induak menyuarakan hasil keputusan.  Disanalah ia menjadi estetika.
Disana juga ia menjadi taplak meja dan pot bunga.  Model rumah juga bisa.
Kalau masih senang, silakan dipakai.  Kalau tak senang lagi, cari model baru.

So.. biar diskusi ini tidak berkepanjangan.  Apalagi sampai membuat marah yang
tua-tua.  Juga para "urang lamo" di milis ini.  Topik ini tidak usah kita
teruskan di milis ini.  Kecuali ada lampu hijau bagi kita semua untuk
membukanya, dengan tuntas tentunya pada sebuah kesimpulan.  Walaupun hanya
berisi kesepakatan untuk berbeda.

Salam

UBGB

Yahoo! oneSearch: Finally, mobile search
that gives answers, not web links.
http://mobile.yahoo.com/mobileweb/onesearch?refer=1ONXIC
Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, bulan Juni 2008.
Website: http://www.rantaunet.org