1108TJ Motor Penggerak Masyarakat

Wahai saudaraku!

Sesungguhnya golongan manusia yang memiliki peranan besar dalam merubah kondisi
masyarakat ada tiga :

1.     Orang alim (berilmu)

2.     Dermawan

3.     Mujahid

Ketiga golongan itu, merupakan motor penggerak masyarakat. Mereka adalah
fondasinya, sebab mereka memikul seluruh masyarkat dengan bahu-bahu mereka.
Maka dari itu jika ketiga golongan manusia tersebut ('Ulama, dermawan dan
mujahid) bersifat shiddiq, maka masyarakatnya akan menjadi suci, bersih dan
kuat. Akan tetapi apabila ketiga golongan itu buruk niatnya, maka masyarakatnya
akan berubah menjadi tumpukan sampah. Sebab hati itu ibarat buah-buahan atau
bunga, bila buah itu bersih dan masak, maka ia akan menyebarkan aroma wangi
serta memberi kelezatan dan kemanisan. Sebaliknya jika buah-buahan itu busuk
maka yang keluar dari buah itu hanyalah bau tidak enak yang hanya membikin
hidung sakit dan perut mual.

Apabila hati mereka rusak, yakni dengan memfitnah, menggunjing, mencela,
berburuk sangka dan lain-lain, maka bau busuk ini akan menyebar sehingga
mengakibatkan masyarakat menjadi rusak. Semua perbuatan buruk itu akan merubah
masyarakat menjadi masyarakat yang terpecah belah. Setiap orang menutup
hidungnya agar tidak mencium bau busuk dari tetangganya atau orang didekatnya.

Ketiga golongan manusia itu sudah diperingatkan oleh Rasulullah SAW dalam
sabdanya : "Yang pertama kali dibakar api neraka pada hari kiamat adalah tiga
golongan". Tiga golongan manusia itu adalah : orang alim, dermawan dan mujahid.
Ya Allah! Sungguh mengherankan ada mujahid yang menjadi bahan bakar neraka yang
pertama kali. Ada dermawan yang tidak tertinggal sedirhampun dalam kantungnya,
seluruh hartanya dia sumbangkan untuk memberikan pertolongan kepada fakir
miskin dan melepaskan penderitaan mereka yang mendapat musibah, namun karena
itu pula dia dijilat api neraka dan menjadi kayu serta bahan bakarnya!!! Memang
benar demikian, menurut apa yang disebutkan dalam hadits Shahih riwayat Muslim :

"Yang pertama kali dijilat (dibakar) api neraka pada hari kiamat adalah tiga
golongan, orang alim, mujahid dan dermawan. Adapun orang alim, maka Allah
mendatangkan dan kemudian menanyainya: "Apa yang dahulu engkau perbuat
didunia?" Dia menjawab: "Menuntut ilmu di jalan-Mu, lalu aku sebarkan ilmu itu
karena mencari keridhaan-Mu (atau sebagaimana sabda Rasulullah SAW) Maka
dikatakan kepadanya: "Engkau dusta. Sebenarnya engkau mencari ilmu supaya
dikatakan sebagai orang alim". (Dalam riwayat lain dikatakan "Engkau telah
menerima upah didunia") kemudian diperintahkan malaikat penjaga Neraka untuk
menyeretnya maka dilemparkan dia ke dalam Neraka. Kemudian didatangkan seorang
dermawan, maka dia ditanya : "Apa yang dahulu engkau perbuat didunia?" Dia
menjawab: "Aku mencari harta yang halal, kemudian aku infakkan harta itu
dijalan-Mu". Maka dikatakan kepadanya: "Engkau dusta. Engkau infakkan hartamu
supaya manusia menyebutmu dermawan". (dan dikatakan pula: "Engkau telah
menerima upahmu di dunia"). Kemudian diperintahkan malaikat penjaga Neraka
untuk menyeretnya, maka dilemparkannya dia ke dalam Neraka. Dan yang ketiga,
apa yang dahulu engkau perbuat didunia? Dia menjawab: "Aku berperang di jalan
Allah, sehingga aku mati terbunuh". Maka dikatakan kepadanya: "Engkau dusta!
Engkau berperang supaya dikatakan orang sebagia pemberani. (Dikatakan pula
"Engkau telah menerima upahmu di dunia"). Kemudian diperintahkan malaikan
penjaga Neraka untuk menyeretnya, maka dilemparkannya ke dalam neraka"

          Ketika Mu'awiyah ra mendengar hadits ini dan Abu Hurairah, maka
menangislah dia hingga jenggotnya basah bersimbah air mata, lantas dia pingsan.
Sesudah sadar, dia berkata: "Sungguh benar apa yang dikatakan Rasulullah SAW
ketika beliau membaca firman Allah:

"Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami
berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan
mereka di dunia itu tidak akan dirugikan." Itulah orang-orang yang tidak
memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang
telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan ."
         (QS. Hud 11: 15-16)

          Sebelum saya membaca kisah tentang Mu'awiyah ini, sering hati saya
tergoncang manakala membaca ayat tersebut. Dan mungkin ayat tersebutlah yang
paling menakutkan diri saya manakala membaca ayat-ayat Al Qur'an.

Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, bulan Juni 2008.
Website: http://www.rantaunet.org