  From: RantauNet@googlegroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On
Behalf Of Dr.Saafroedin BAHAR
  Sent: Monday, August 06, 2007 4:37 PM
  To: RantauNet@googlegroups.com
  Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: Selamat ULTAH pak Saaf ( 10-08-2007)

  Assalamualaikum w.w. Ananda Hanifah,

  Baru kali ini ada yang mengirim sajak sebagai kado ulang tahun saya,
sehingga saya merasa amat tersanjung. Ananda dengan tepat dan padat telah
menggambarkan jalan hidup saya. Sungguh, saya merasa amat berhutang budi
kepada Ayah dan Bunda yang telah mengandung, melahirkan, dan membesarkan
saya, kepada Padang Panjang dan Sumatera Barat tempat saya dilahirkan dan
menjadi dewasa,  kepada Republik Indonesia yang telah memberi saya peluang
untuk menapak maju dalam hidup ini, kepada isteri dan anak-anak serta sanak
saudara yang telah memberi makna dan cinta kasih dalam kehidupan saya,
kepada teman-teman dan handai taulan yang telah memberi solidaritas,
bantuan, dukungan, serta warna warni dalam perjuangan panjang mencari
sepotong ruang dalam bumi Allah yang luas ini, serta kepada Allah swt yang
telah menunjuki saya jalan yang benar.

  Tanpa itu semua, tidak mustahil saya akan menjadi seorang tua yang
'maakuak-akuak' di Padang Panjang, sebagai penjual kacang goreng ataupun
sebagai pensiunan tukang rem kereta api.

  Saya bersyukur kepada Allah swt bahwa setelah pensiun sebanyak tiga kali
saya masih dianugerahi Allah swt dengan kesehatan dan sekedar rezeki,
sehingga saya tidak usah memberati siapapun, dan juga masih diberi sekedar
energi untuk membalas budi kepada mereka yang telah ikut menyantuni saya
selama ini. Saya ingin ikut serta membangun suatu Minangkabau masa depan,
yang selain terbebas dari belitan beban sejarah masa lampaunya, juga mampu
memanfaatkan demikian banyak peluang yang terbuka dalam dunia modern dewasa
ini.

  Tolong dengan doa,  agar mimpi saya ini bisa saya wujudkan bersama dengan
seluruh Sanak sekalian.

  Sekali lagi terima kasih atas kiriman sajak Ananda.

  Wassalam,

  Saafroedin Bahar

Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, bulan Juni 2008.
Website: http://www.rantaunet.org