Pagi ini aku bersiap hendak berangkat ke kota P. Memang agak terburu - buru,
mengingat aku harus menyiapkan bekal untuk sebulan di sana, tapi mau bagaimana
lagi, jadwal penugasanku baru keluar sore kemarin, ga tahu apa alasannya. Baju,
handuk, alat - alat mandi, laptop dan upps..... ini yang tidak boleh terlupakan
, aku harus membawa 1 tas buku yang pasti sangat kubutuhkan selama bertugas di
kota P. Kulihat jam dinding sudah menunjukkan pukul 9.00 wib
  "Tampaknya aku tidak sempat sarapan" gumamku. Tapi tak apa - apa, nanti aja
di perjalanan aku mampir di rumah makan kas ikan bakar. Sekejap aku terbayang
hidangan ikan bakar segar lengkap dengan lalapnya. Hmmm......Lezatnya.
  Kuangkat 1 travel bag dan 1 tas barang yang sudah terisi padat. Kumasukkan ke
bagasi mobilku yang senantiasa menemaniku kemanapun aku pergi. Bukan mobil
mewah memang, tapi aku bangga karena ini adalah mobil pertama hasil jerih
payahku bekerja sebagai dokter PTT di daerah X sebelum aku menjadi dokter PPDS
di rumah sakit Y.
  Ini pertama kalinya aku bertugas ke daerah. Beribu pikiran hinggap di
benakku. Aku harus Mampu memjadi dokter spesialis kebidanan dan kandungan di
kota P nanti, walaupun gtelar itu belum kudapatkan karena di sana aku benar -
benar sendiri tanpa tim tang menemaniku seperti di rumah sakit Y.
  Sudah hampir separuh perjalanan kulalui, aku semakin deg - degan, seperti apa
ya suasana di sana....dan orang - orang yang akan bekerja bersamaku?
Sesampainya di rumah sakit kota P aku memarkirkan mobilku di lapangan parkir
depan. Kulihat bangunan rumah sakit ini memang tidak sebesar rumah sakit Y,
tapi cukup asri dan aman. Aku memasuki ruangan IGD sambil melihat ke kiri dan
ke kanan, tiba - tiba seseorang memegang pundakku dari belakang, sontak aku
terkaget, dan ternyata di adalah temanku yang lebih dulu bertugas di sini
sebulan sebelumnya.
  "Gimana Ar, perjalanan ke sini menyenangkan bukan?"tanya Rudi padaku.
  "Yah.....aku lihat suasana disini jauh lebih tenang daripada di tempat kita
biasa"
  "Memang....mungkin karena ini kota kecil, jadi kesibukan di rumah sakit ini
tidak terlalu ramai, apalagi hari ini hari minggu"
  "Baiklah Ar, berhubung kamu sudah sampai kita mulai saja overan di rumah
sakit ini, biar kamu lebih gamopang beradaptasi". Rudi membawaku menyusuri
koridor rumah sakit ini meuju bangsal kebidanan dan kandungan, tempat aku
bekerja selamna 1 bulan le depan. Setiap orang yang kutemui menyapa kami dengan
ramah, sebuah suasana yang jarang kutemukan di rumah sakit Y.
              Akhirnya sampai juga kami di bangsal yang letaknyua memang gak
jauh ke belakang. " Ar, ini ruangan Ginekologi.....saat ini hanya ada 3 pasien,
suspek SOS, menometroragi ec suspek hiperplasia endometrium dan fistel vesiko
vaginalis" tunjuk Rudi kepada 3 orang ibu yang tersenyum ramah padaku.
  "Ibu - ibu, ini dokter Aryo yang kan menggantikan saya mulai besok"
  Rudi memperkenalkan aku pada ibu - ibu tersebut. Begitu akrabnya Rudi dengan
pasien di sini, pikirku.Kemudian kami mulai memasuki ruangan kedua, "Yang ini
ruangan onkologi, ibu ini pasien mioma" Aku menyapa ibu yang sudah separuh baya
itu.
  " Nah, ini kamar rawat......". Kulihat ada sekitar 8 pasien diruangan ini, 6
diantaranya adalah pasien post partus, ada yang sedang menyusukan bayinya,ada
yang sedang membetulakn bedung si bayi sambil bercanda dengan bayinya dan
sebagian lagi tidur. Namun perhatianku tertuju pada 2 orang yang masih hamil.
  "Rud, yang 2 pasien apa?"
  " Oh ya ini ibu Rina, ibu ini aku rawat dengan diagnosa plasenta previa,jadi
butuh observasi kett Ar, sedangkan yang ini ibu Nurjani dengan gravid posterm,
baru masuk pagi ini, silahkan kamu anamnesa lagi, OK....." terang Rudi.
  "Siang Dok ...." Sapa ibu itu.
  "Oh ya, siang juga Bu, sudah berapa lama kandungan ibu? Tanyaku
  " Sudah lebih dari waktunua dok.." jawab ibu itu singkat. Perhatianku tidak
terlepas dari ibi Nurjani, Jika kulihat umurnya jauh lebih muda dari
penampilannya. "Rud, kamu yakin ibu ini berumur 28 tahun?" tannyaku heran.
  "Iyalah Ar......biasa, dia berasal dari desa yang lumayan jauh dari sini dan
juga dari keluarga yang kurang mampu" kata Rudi sambil setengah berbisik
  "Ibu ini dirujuk dari puskesmas di daerahnya karen posterm"
  "ooooo........" kataku panjang

  Tulisan ini dapat dilihat di Website WWW.ksuheimi.blogspot.com

Park yourself in front of a world of choices in alternative vehicles.
Visit the Yahoo! Auto Green Center.
Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, bulan Juni 2008.
Website: http://www.rantaunet.org