On 8/22/07, cinto ranah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Ass W W....

Wa'alaykumus salaam warahmatullahi wabarakaatuh,

> Sblm nya saya perkenalkan diri sebagai orang yang baru terlibat secara aktif
> di milist tempat berkumpulnya urang awak.
> Nama Hasnul, umur 29 tahun, asal bukittinggi, skrg tinggal di jkt.

Salam kenal, Da. Semoga Allah Ta'ala mengumpulkan kita dalam kebaikan.

> Tapi lebih terhenyak karena.................
> Ketika masalah itu dimasukkan ke milist ini, orang yang selama ini getol
> mendengung-dengungkan ABS SBK selama ini di MILIST, DIAM SERIBU
> BAHASA...................

Tidak terlalu ramainya respon terhadap kejadian itu sama sekali bukan
berarti membenarkan perbuatan buruk tersebut. Namun karena sudah jelas
jeleknya perbuatan itu maka tidak perlu dibicarakan lagi apakah
perbuatan itu baik atau buruk.

> Apakah ABS SBK itu hanya sekadar diperdebatkan??
> Dan apakah berdebat itu hanya sekadar untuk mencari popularitas???
> Atau memang masalah ABS SBK tersebut hanya berlaku untuk di rantau, bukan di
> RANAH?

Tentu bukan hanya untuk diperdebatkan. Namun realitanya adalah masih
ada perbedaan pendapat dalam memahami makna dan konsekuensi ABS SBK
itu. Jadilah ramai pembicaraan di palanta ini.

Masalah kejadian tersebut, memang perlu dibicarakan:

- tindak lanjutnya = apakah hukum yang berlaku sudah memadai? setahu
saya, di Indonesia yang diatur adalah perselingkuhan sebagai delik
aduan sedangkan perzinaan tidak diatur
- penyebab dan pencegahannya = pendidikan, lingkungan, keluarga, ...
- dst

--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

Website: http://www.rantaunet.org