Alaikumsalam sanak ambo.,

  Taruihlah sanak ambo para geolog. Tolonglah ranah bundo kito.

  Wassalam
  ajoduta/60

Yulnofrins Napilus <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Assalamualaikum ww

Saat ini belum ada satupun alat canggih di dunia ini yg bisa memprediksi dg
akurat kapan akan datangnya gempa...! Yang bisa dilakukan baru sebatas
menghubungkan fakta dengan teori. Komputer canggih digunakan baru bisa sebatas
melakukan simulasi2 dan kemungkinan2 yang akan terjadi. Semuanya proyeksi yang
tidak punya waktu yang tepat...!

Apakah Gempa Dahsyat ini mungkin terjadi di Sumbar? Bisa saja...! Hampir setiap
saat terjadi gempa. Cuman kadang tidak kita rasakan. Tapi seismograf gak bisa
bohong, terekam disitu semua...

Daerah dengan alam yang paling indah di dunia merupakan daerah yang penuh
dengan patahan dan sesar (geser horizontal ataupun vertikal). Mungkin ini
merupakan imbal balik dari Allah swt. Kita di Sumbar, hidup diatas RIBUAN
patahan/sesar besar kecil ini...! Dimana ada air terjun, disitu merupakan
bidang pergeseran sesar. Dimana ada bukit-bukit dengan lembah yang terjal,
ribuan bahkan ratusan ribu tahun lalu, terjadi patahan/pergeseran disitu.
Dinding Ngarai Sianok, Harau, dll merupakan dinding patahan/sesar vertikal. Itu
bbrp bukti dipermukaan yang bisa kita lihat secara langsung.

Kenapa bisa begitu? Krn merupakan akibat penunjaman lempeng Hindia yang masuk
kebawah perut pulau Sumatera itu. Dan yg intensif terjadi di daerah Sumbar
sampai Bengkulu. Buktinya, gunung-gunung yang berada didaerah ini sangat tinggi
dibandingkan dg daerah lain. Krn akibat tunjaman tsb, bagian atas jadi berkerut
dan terangkat sedemikian rupa. Mulai dari pinggir laut, bisa naik jadi
pegunungan. Bukit Kapur di Padang Panjang itu, dulunya merupakan pantai. Bukit
kapur hanya bisa terjadi akibat terumbu karang. Dan terumbu karang hanya hidup
di pantai dg kedalaman kurang dari 30m.

Bukti lain bahwa Sumbar tsb hancur akibat penunjaman adalah kesulitannya kita
memetakan lapisan-lapisan batuan. Arah dan ketebalannya tidak konsisten. Jenis
batuannya bercampur aduk. Krn Sumbar itu sudah "ter-obok2" oleh akibat
pergerakan lempeng besar utama tsb sepanjang waktu. Hingga kinipun...  Biasanya
S1 & S2 Geologi mikir tujuh kali dulu kalau mau pemetaan untuk tesis jika
ditawarkan ke Sumbar. Walau dikasih sponsor sekalipun... Ngeri banget utk
berteori tentang proses geologi apa saja yg telah terjadi di Sumbar... Paling
kita beraninya ngomong yang globalnya doang kayak saya ini...:D

Pergerakan dan pergeseran lempeng tsb, akan terus berjalan selama Bumi ini
masih ada atau selama magma didalam perut Bumi "alun pudua" lai do. Kalau pudua
magma itu, Bumi akan jadi "bintang dingin" dia... Kiamat menurut Al-Quran.
Kalau kita dikaruniai hidup sampai 5000 tahun labiah, jangan kaget, kalau
pulang kampuang rumah awak alah bergeser tampeknyo... Atau sudah hilang sama
sekali bekasnya tenggelam kayak benua Atlantis... Jadi dengan daerah hancur
seperti ini, kita tidak bisa terlalu berharap akan adanya cadangan minyak dlm
jumlah yg cukup ekonomis utk ditambang. Apalagi gas...! Lain dengan daerah
pantai timur sumatera. Lapisan kulit bumi disana tidak terkena kontraksi
langsung. Hanya sekedar bengkok-bengkok sajo tanpa banyak patahan/rekahan.
Sehingga enak banget tuh buat minyak ngumpul dibawah cebakan atap-atap yang
bengkok itu. Makanya dibawah bumi Riau merupakan salah satu lokasi lapangan
minyak raksasa dunia...!! Lebih aman gempa disana...

Kiro-kiro 1 bulan lalu, ambo "mengemis" (walaupun agak ditentang sedikit oleh
Ayah ambo...) ke perwakilan Radio Hilversum Belanda yang di Jakarta agar
Belanda bersedia memberi bantuan sebuah Radio FM in A Box utk Sumbar buat
digunakan utk mitigasi gempa. Sebelumnya saya dan Ayah Saaf sudah survey segala
ke Padang Panjang dg salah satu perwakilannya tsb. Saya katakan pada mereka
bahwa kita sangat memerlukan sekali radio tsb utk edukasi masyarakat. Karena
"SETIAP SAAT bisa terjadi lagi gempa yang sama atau lebih besar di Sumbar...".
Eeh...astagfirullah, minta ampun ambo kepada Allah swt, talongsong kato... bbrp
minggu berikutnya ternyata kejadian gempa 7,9 SR tsb di Sumbar...

Kembali ke pokok masalah, sekarang apa yang bisa kita lakukan utk masyarakat
awak di Sumbar. Walaupun sudah banyak beredar bagaimana langkah-langkah
mengantisipasi gempa, tetapi itu baru sebatas di Internet. Dan pasti belum
sampai ke masyarakat dikampung-kampung. Contoh yg paling sederhana. Jika gempa
dan takut Tsunami, mestinya tidak perlu lari dan berdesakan sampai ke Lubuk
Selasih segala dan terjadi kecelakaan yg tidak perlu. Tsunami sepanjang sejarah
hidup manusia bumi, walaupun kekuatannya luar biasa menghancurkan, tetapi
paling tinggi berkisar hanya 10-20m saja. Lari ke Indarung dan tempat terbuka
saja sudah aman. Ke Gunung Padang atau Bukit Air Manis saja juga sudah aman.
Critical time nya, tidak akan lebih dari setengah jam stlh gempa itu terjadi.
Stlh setengah jam tidak muncul Tsunami, mestinya sudah aman dari Tsunami...
Tapi setiap ada gempa, harus ada yg langsung mengawasi permukaan air laut di
pantai...!!

Kalau saat ini sosialisasi gempa ini belum merata di Sumbar, mungkin sudah
perlu pula kita pikirkan semacam MASYARAKAT PEDULI GEMPA SUMBAR utk membantu
mensosialisasikan antisipasi gempa. Yang ambo kenal, disiko ado St. Lembang,
ahli Geologi pensiunan dr Pershn minyak asing. Ada Dedi Yusmen ahli Geofisika
yg sgt terkait dg aspek gempa. Mungkin msh ada bbrp yg lain yg kalau gak salah.
Apalagi ada adinda tercinta ambo Kurnia Chalik, ahli geologi perusahaan minyak
Jepang.

Kalau di Jepang, katanya hampir semua masyarakatnya sudah "sadar gempa" betul.
Krn mereka hidup diatas "the most hotspot in the world"... Jadi tidak ada lagi
informasi yang disembunyikan dari masyarakatnya untuk menurunkan resiko...!
SUDAH WAKTUNYA KITA EDUKASI dunsanak kita semua ttg gempa ini. Ini juga yg
mendorong hati saya akhirnya menulis hal ini. Mohon koreksi atau tambahan bagi
yg lebih ahli. Walaupun begitu, sebaiknya kita tetap selalu mendoakan agar
gempa besar yang ditakutkan itu tidak terjadi. Setidaknya dalam rentang hidup
umur kita. Amin.

Membicarakan masalah gempa ini dari belakang komputer, terkesan mudah sekali
tampaknya... Tetapi bisa gak kita bayangkan, berapa lama "trauma gempa" bisa
hilang bagi dunsanak kita yang mengalami langsung di kampung? Bayangkan seperti
di Koto Gadang bulan Maret lalu, bahwa tanah tempat mereka berdiri tsb
"bergerak seperti gelombang ombak" turun naik mencapai 1 sampai 1,5m...?? Adik
ipar saya yang mengalaminya di Padang kemaren, sampai di Jakarta, kadang masih
terasa oleng-oleng berdirinya katanya... Jangan-jangan faktor gempa ini juga
yang tanpa disadari mendorong orang Minang merantau...? Wuallahualam...

Mohon maaf sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan thd uraian yg cukuik
panjang iko. Semoga ada manfaatnyo. Terima kasih.

Wassalam,
Nofrins St. Batuah / 47

[EMAIL PROTECTED] wrote:  Dari milis sebelah. Semoga tidak terjadi lagi.......

----- Forwarded by Rafaini/BSFM on 09/20/2007 03:58 PM -----

"ria keysha"

.com> cc:
Subject: [balita-anda] Gempa Dahsyat
09/20/2007 03:53
PM
Please respond
to balita-anda

Ini ada berita dari temenku, moga2 sih tidak terjadi, tapi ini buat kita
aja
agar lebih waspada aja.

Thks
Ria Mamanya Keysha

Beritanya ada di CNN, buka aja website di bawah.

Mudah2an gak kejadian ya.

Btw, kemungkinan gempa 9 scala richter ini juga dibilangin sama ahli
gempa indonesia dari BPPT hari senin kemaren di Metro TV. Gue lupa nama
orangnya.

> Pray for this...
>
> Indonesia Menunggu Datangnya Gempa Dahsyat Lebih Dari 9 SR
>
> Baru saja diberitakan oleh TV CNN pada tanggal 17 September 2007
tentang
> Datangnya Gempa Dahsyat yang lebih atau sekitar 9 SR disekitar Sumatra
> Barat.
>
> CNN melakukan peninjauan khusus bersama pemburu Gempa dari California
> Technology Institute. Pemburu gempa ini adalah geoloog dari CalTech
yang
> meneliti semua gempa2 yang muncul di Indonesia terutama yang terakhir
> [...]

  Boardwalk for $500? In 2007? Ha!
Play Monopoly Here and Now (it's updated for today's economy) at Yahoo! Games

Website: http://www.rantaunet.org