From: Darwin Bahar <[EMAIL PROTECTED]>
To: rantaunet@googlegroups.com
Sent: Saturday, September 29, 2007 12:03:06 PM
Subject: [EMAIL PROTECTED] Waktu Enam Jam Yang Sangat Panjang

Alhamdulillah, berkat perhatian dan perjuangan Pak Jonathan Lemuel,
Manager Divisi Teknologi Lingkungan tempat saya ditempatkan di Biro
Konsultan tersebut,perusahaan menyumbang lima juta rupiah. Sisa dua
juta rupiah saya dapat berupa sumbangan pribadi dari pakar teknologi
lingkungan, Alm Prof Dr. H. Soetiman, Vice President yang membawahkan
divisi tersebut, yang selama 14 tahun saya bekerja di sana sudah
bagaikan orang tua saya sendiri.

Dan saat-saat mengantar Ira ke lift yang akan membawanya ke ruang
operasi di RS Harapan Kita adalah momen yang tidak akan pernah saya
lupakan seumur hidup saya, terutama pada saat Ira mengatakan: "Pah,
Dede takut," ketika saya menciumnya sebelum saya keluar dari lift
yang pintunya akan segera akan ditutup,  yang membuat arwah saya
serasa terbang dan lantai tempat saya berpijak serasa runtuh. Apakah
buah hati saya itu akan kembali ke zal anak tempat ia dirawat
sebelumnya, atau....

Lalu enam jam berikutnya, saya rasakan waktu yang sangat panjang
sekali yang saya isi dengan zikir dan doa penuh harap agar buah hati
saya diselamat Allah SWT. Saya dan Kur malah sempat menangis berbagi
duka dengan ibunya Rizal, yang menangis histeris, ketika mengetahui
Rizal anak lelakinya teman sekamar Ira yang lincah dan tampan yang
usianya 2 atau 3 tahun lebih muda dari Ira, yang dioperasi bersamaan
dengan Ira, tetapi tidak terselamtkan nyawanya oleh para Dokter. Saya
dengar orang tua Rizal, yang ayahnya hanya seorang karyawan "biasa"
di sebuah BUMN besar di Aceh  butuh waktu lama mengurus surat
menyurat agar Rizal dapat dioperasi dengan biaya perusahaan di RS
Harapan Kita Jakarta, sehingga kondisi jantung Rizal sudah sangat
parah.

Bagaimana kalau Ira yang terlambat, bukan Rizal? Bagaimana kalau saya
tidak punya atasan seperti Pak Jonathan Lemuel, Alm Prof Soetiman dan
atasan-atasan saya lainnya di Biro Konsultan itu, sebut saja Direktur
Umum Setiati Amin Singgih, dan tentu saja Presdir/CEO Pak Ari Mochtar
Pedju   yang setuju saya dibantu, karena tidak ada aturan perusahaan
tersebut mengenai hal itu?

Tidak kuasa saya menjawabnya. yang jelas hampir dipastikan, tidak
akan ada SMS yang saya terima tidak lama setelah saya menyelesaikan
makan sahur pekan lalu di kosan saya di Banda Aceh, yang sebagaimana
ayah-ayah lainnya di dunia, sangat  membahagiakan saya di saat-saat
seperti itu.

Sekarang baik Meila dan Ira sudah bekerja. walaupun gaji mereka baru
cukup untuk mereka sendiri, malah kadang-kadang masih disubsidi oleh
Kur, tetapi mereka selalu berusaha memanjakan saya dengan hal-hal
kecil, tetapi sangat berarti bagi saya.

Sebagai seorang yang beriman, saya percaya, bahwa semua itu merupakan
rakhmat dan karunia Tuhan. Tetapi tentu saja Tuhan tidak menurunkan
begitu saja rakhmat dan karunia-Nya dari langit, tetapi melalui
manusia-manusia yang dalam hatinya selalu terpelihara sikap welas
asih, dan keinginan yang kuat untuk membantu sesama yang yang
bernasib malang atau kurang beruntung.

Tetapi kenapa orang tua Rizal tidak dirakhmati Tuhan? Tidak, Insya
Allah Tuhan merakhmati-Nya dengan cara-Nya sendiri. Yang pasti tidak
dirakhmati Tuhan adalah manusia-manusia kesat hati atau mati rasa,
yang sebenarnya bisa mempercepat Rizal dikirim ke RS Harapan Kita
untuk dioperasi, sehingga kemungkinan besar nyawa Rizal dapat
tertolong, tetapi tidak mereka lakukan.

Dan bagi saya tidak ada keraguan, bahwa Rizal sudah berada di surga
saat ini.

Tidakkah kita dapat dikatakan kesat hati atau mati rasa, jika kita
sebenarnya dapat membantu, sesama yang yang bernasib malang atau
kurang beruntung, padahal kita punya kemampuan untuk melakukannya?

Dalam ajaran Islam,sesuai dengan sabda Nabi s.a.w., malahan membantu
sesama  itu diwajibkan dalam keadaan sempit dan lapang.

Dan ketika saya membaca laporan Kang Suryana di Apakabar sekitar 2
tahun yang lalu bahwa Bakti Sosial milis Apakabar (BSA) ikut membantu
biaya transportasi pasien operasi jantung seorang dari keluarga
kurang mampu, kenangan sejak Ira saya diketahui mengidap cacad
jantung sampai saya tahu bahwa operasi Ira berjalan dengan lancar,
kembali terbayang dalam sanubari saya.

Wassalam, H. Darwin Bahar St Bandaro Kayo (64)

Catch up on fall's hot new shows on Yahoo! TV. Watch previews, get listings,
and more!
http://tv.yahoo.com/collections/3658
Website: http://www.rantaunet.org