  From: hanifah daman
  To: RantauNet@googlegroups.com
  Sent: Tuesday, October 16, 2007 7:47 AM
  Subject: [EMAIL PROTECTED] SOBATKU "ITA"

  SOBATKU "ITA"

  Ita adalah anak piatu
  Neneknya sangat miskin
  Abaknya kusir bendi dan sudah kawin lagi
  Jadi ita punya 2 orang adik sebapak

  Abaknya pandai menjaga silaturahim
  Kuda dan bendi di tarok di rumah ita
  Adik lelaki  ita yang sebapak
  Lebih banyak tinggal bersama ita
  Mereka kemana mana sering bersama

  Ketika sudah dewasa
  Betapa aku terkejut ketika tau
  Adiknya suku pisang
  Kami (aku dan ita) suku payobada

  Saat itu aku jauh lebih beruntung dari ita
  Aku punya ortu yang lengkap
  Tidak miskin miskin amat
  Ikan tinggal pancing
  Telur itik dan telur ayam ada dikandang
  Padi tak pernah kosong dari rumah
  Sehingga satu kamar diberi nama bilik padi

  Aku senang bermain dengan ita
  Tak pernah sekalipun kami bertengkar
  Kami juga tak pernah membicarakan orang lain
  Kami lebih banyak bermain
  Main apa saja yang lagi musim
  Tak peduli mainan laki-laki atau perempuan
  Bersama ita, aku bisa berlari lari dipipa air
  Sementara orang dewasa merangkak rangkak disana
  Bersama ita, aku bermain ombak di tabek gadang pakai biduak
  Banyak lagi dan banyak lagi mainan kami
  Main apapun ita sering menang
  Kelerengnya "sekambuik", menang bertaruh
  Layangan baik layangan "kaluak" maupun "darek"
  Begitu juga mainan lain
  Ita bikin sendiri

  Kemiskinan
  Perbedaan status sosial
  Tak halangi kami untuk bergembira
  Menikmati masa anak-anak yang ceria

  Aku sering juga temani ita menangkap ikan di selokan /bandar
  Aku bantu dia memegang tempat ikan
  Kadang aku bantu dia menghalau ikan
  Bahagianya kalau kami dapat ikan

  Di belakang rumah ita
  Banyak tumbuh "robai"
  Kami hampir setiap hari memanennya
  Buahnya sangat manis dimusim panas
  Di musim hujan robainya sering kami taburi gula

  Oh ya rumah kami sama-sama dekat ke tabek gadang
  Tapi letaknya berseberangan
  Kalau ada biduk
  Aku berbiduk ke rumahnya dan sebaliknya
  Atau kami saling teriak di pinggir tabek gadang
  Kami bikin tabek gadang seolah olah kami punya

  Alhamdulillah sekarang ita sudah jadi juragan
  Juragan Nasi Goreng merek Jam Gadang
  Ita sudah memiliki beberapa rumah dan ruko
  Mobil gonta ganti
  Anak-anak sudah ada yang tamat Perguruan Tinggi
  Ita juga berhasil membantu saudara-saudaranya
  Bergabung bersama dan buka cabang

  Sementara aku
  Baru bisa hidupi keluarga sendiri
  Itupun harus sederhana
  Entah apa yang bisa ku banggakan

  Bengkulu, 17 Oktober 2007

  Building a website is a piece of cake.
  Yahoo! Small Business gives you all the tools to get online.

Website: http://www.rantaunet.org