ARIAK - BENTAK
  Awaknyo nan pakak, awak den nan diariaknyo.
  Dia yang tuli, saya yang dibentaknya.
  Maksudnya, ia yang bersalah, orang lain yang dituduhnya.

  ARIH - ARIF
  Kurang arih badan cilako, talampau arih badan binaso.
  Kurang arif badan celaka, terlampau arif badan binasa.
  Peribahasa ini merupakan nasehat "Jangan terlampau lekas
  menyangka seseorang akan berbuat jahat kepada kita".

  ARIMAU - HARIMAU
  1.Arimau mangaun indak mancakau.
  Harimau mengaum tidak menerkam.
  Sama  dengan Anjiang manyalak indak menggigik  =  Anjing
  menyalak tidak menggigit.
  Orang  yang  mengancam denan suara keras,  biasanya  tak
  sampai berbuat apa-apa.

  2.Arimau manunjuakkan balangnyo.
  Harimau menunjukkan belangnya.
  Dikiaskan  pada orang yang mengatakan rahasia atau  aib
  nya.

  3.Bak takuik di arimau inyo (takuik) ka den.
  Seperti takut pada harimau ia (takut) kepada saya.
   Ia sangat takut kepada saya. Melihat saya saja ia  sudah
  menggigil ketakutan.

  4.Gajah  tadorong  dek  gadiangnyo,  arimau  talompek  dek
  balangnyo.
  Gajah  terdorong  karena  gadingnya,  harimau  terlompat
  karena belangnya.
  Orang besar ada juga yang bersalah, karena amat  percaya
  denan kekuasaanya.
 Telah menjadi sifat manusia berbuat salah karena ketidak
  sengajaan.

  5.Lapeh dari muncuang buayo, masuak ka muncuang arimau.
  Lepas dari mulut buaya, masuk ke mulut harimau.
  Lolos  dari  bencana pertama, datang pula  bencana  yang
  lain.

  6.Maaja anak arimau.
  Mengajar anak harimau.
  Mengajar anak orang terpelajar, tentu saja lekas pandai.

  7.Manggadangkan anak arimau.
  Membesarkan anak harimau.
  Anak harimau dikiaskan untuk anak yang sangat nakal yang
  sulit dibenahi.

  8.Mati arimau dek balangnyo.
  Mati harimau karena belangnya.
  Mendapat bencana karena memperlihatkan keunggulannya.

  Tulisan ini dapat dilihat di Website WWW.ksuheimi.blogspot.com

http://mail.yahoo.com
Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN:
jalur pribadi.