Assalamu'alaikum Wr..Wb

Beberapa hari ini benar benar sibuk dengan yang namanya email. Dari sekian
puluh Milis yang saya ikutin hanya komunitas Rantaunet dan Tangan Diatas "TDA"
yang punya akses khusus ke inbox saya sedang yang lain punya status "NOMAIL".

Namun demikian dua milis ini sanggup memenuhi inbox saya dengan minimal 500
email tiap harinya yang datang dari dua komunitas tersebut, nah hebatnya 50%
dari seluruh email itu saya baca semuanya jadi bisa dipastikan kerja saya
dikantor ada cek email.

Benar kedua milis tersebut emang terasa spesial buat saya karena disini saya
merasa jadi Urang Minang, bisa pandai Bahasa Minang dan sedikit memperhatikan
kurenah Urang Minang. Walaupun sebagian orang Bilang belakangan tidak bermutu
tapi ah cuek saja buat saya milis Rantaunet ini tempat malapeh taragak. Saya
pun tidak pusing dengan email yang masuk karena akses inbox sudah saya set
untuk bisa memenuhi keinginan saya. Jadi kalau masuk email dengan nama ini oh
dia pasti masuk kotak sampah, masuk email dengan nama ini oh dia masuk pintu
belakang, masuk email dengan nama ini oh dia masuk kotak "Gak Perlu Dibaca",
namun begitu masuk email dengan nama anu oh dia harus dibaca, masuk email
dengan nama itu dia dibaca seminggu lagi, semua berjalan dengan baik jadi
kadang saya gak sadar kalau sedang ada yang berpolemik ditengah gelanggang.

Sedangkan Komunitas TDA "Tangan DiAtas" sedikit punya jalur tol masuk ke inbox,
karena walaupun member pasif disana namun jujur saya ingin berterima kasih
karena komunitas ini yang membuat saya berani mengambil keputusan meninggalkan
dunia "Karyawan" dan full menjadi pengusaha kecil atau kaki limo namonyo
mungkin he he he.

Dan benar firasat saya waktu itu ketika milis ini pertama kali dibuat tahun
2006 bahwa milis ini akan begitu fenomenal dan trus tumbuh menjadi salah satu
pendorong munculnya pengusaha pengusaha kecil, sedang dan menengah dimasanya
nanti. Ternyata apa yang saya duga benar terjadi, milis ini lari dengan kencang
dan tempat berkumpulnya para "positif thinker" dan neraka bagi "negative
thinker".

Milis ini akan mengadakan Milad kedua, entah kata apa yang bisa melukiskan
kekaguman saya terhadap komunitas ini. Mulai dari mencari tempat "banyak sekali
penyedia tempat tempat seminar berharap Milad kedua diadakan ditempat mereka",
kemudian mencari pembicara "hampir semua pembicara dan motivator kesuksesan
diri ingin menjadi pembicaranya". Kemudian Media, saat ini tokoh tokoh pendiri
milis ini sudah diundang kesana kemari untuk berbicara tentang bisnis ini dan
itu mulai dari skala kecil sampai besar, benar benar sangat Fuuuntastic seperti
itulah mereka selalu memberi salam pada komunitasnya "Salam Fuuuuntastic".

Seandainya Komunitas Rantaunet mengadakan Milad tiap tahunnya, entah sekarang
milad keberapa karena waktu saya terdaftar di milis ini tahun 2000 saya melihat
milis ini sudah eksis dengan seluruh perangkat peraturan yang berlaku. Dulu
milis ini memiliki peraturan yang sangat ditaati oleh membernya. Dulu juga
milis ini pernah memiliki "Komite Tata Tertib" yang berfungsi untuk memantau
dinamika yang terjadi dipalanta.

Dulu sekitar tahun 2002 - 2003 ketika diminta oleh admin kawakan "Kakanda Miko"
untuk ikut jadi admin milis dan terlibat dalam team tata tertib saya merasakan
kehangat silahturahmi dalam milis ini. Masih dahulu, milis ini mempunyai
beberapa ruang diskusi yang disebut dengan Biliek Ekonomi, Sosial Budaya, Adat
Istiadat sampai Biliek Rang Mudo Minang yang dahulu saya admin dan melakukan
kontrol sendiri biliek biliek tersebut.

Hah seandainya waktu itu masih tersedia, ingin rasa terlibat kembali melakukan
aktivitas yang mengasikan ini sehingga mungkin milis ini bisa trus lebih
berkiprah  dan menghasilkan banyak hal sesuai dengan umur panjangnya. Tapi
sayang sedikit demi sedikit ruang waktu itu sudah semakin sempit, aktivitas
sudah semakin padat "walaupun cuma baca email doang" he he he.

Namun Hah seperti sudah kita sepakati bersama secara tidak langsung bahwa Milis
Rantaunet ini hanya sebuah "Milis" dia bukan komunitas "TDA" dan yah hanya
sebuah Milis tampeik menghabiskan wakatu. Maka saat itu senior senior ambo
dimilis ko samakin jauh duduk dibelakang. Nan di Santa Curuih mencigok sekali
waktu dari jauh, nan dibogor dan padang dek plat oto alah hitam tapaso lo
mencigok dari jauh pulo sambil sesekali menjerit dek kemenakan nyo nan baru
alah berani memijak kaki mamaknyo, nan dipondok indah pun sabanta sabanta
duduak dimuko komputer trus sabanta sabanta pai ketempat tv dan nan lain
mungkin entah alah dimaanyo.

Deh alah panjang sei manulih mah, indak taraso sei nostalgia ko. Iyolah ambo
minta maaf ko ado kato kato nan indak suai dan mengganggu banyak pihak.

Salam Hormat
ROnal Chandra

Never miss a thing.   Make Yahoo your homepage.
Website: http://www.rantaunet.org