From: adeer <[EMAIL PROTECTED]>
To: RantauNet@googlegroups.com
Sent: Friday, November 23, 2007 6:04:44 AM
Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: Kami sangat kecewa dan dirugikan oleh Maskapai
Penerbangan Air As ia di Bandara Ngurah Rai

Assalamu'alaikum wr.wb.

Ini cerita sedih dan salah satu bentuk kesewenangan wenangan orang yang bekerja
dan mendapat kehidupan dari menjual jasa dan dibayar oleh para penumpang.
Saya pernah ketinggalan pesawat Continental dari Houston ke Seattle dan masih
ada connecting flight ke Taipei yang menunggu, begitu tiba di counter pesawat
tidak ada sikap meremehkan atau kurang professional lainnya, saya tetap
dilayani dan di carikan seat penerbangan berikutnya ( tentu saja dengan
membayar penalty..itu wajar dan memang harga yang harus dibayar untuk suatu
kelalaian).

Hal hal seperti ini apa nggak bisa ya dicoba dibawa ke meja hukum..?, alangkah
baiknya kalau setiap permasalahan bisa di bawa ke pengadilan, agar yang
sewenang wenang dihukum/didenda dan agar menjadi pelajaran untuk menjadi lebih
professional di kemudian hari.
Di sini ada yang namanya small court claim, dimana kita bisa mengadu apa saja
hal2 yang remeh temeh tanpa perlu membayar ongkos pengacara, misal ada orang
yang mengadukan tetangganya karena burungnya mati stress digonggong anjing
tetangga tersebut.

Kalau ada yang membantah "ah itu kan di negara maju".., namun di negara lain
yang selevel dengan Indonesia misalnya seperti di Aljazair, seorang teman
begitu takut untuk mengendarai mobil ketika SIMnya ditahan untuk 6 bulan dan
dilarang mengemudi karena melanggar kecepatan, menurutnya kalau ketahuan
mengemudi tanpa SIM bisa langsung masuk penjara.

Sebaiknya yang punya kemampuan hukum, mulai membantu masyarakat2 yang terkadang
nggak tahu mesti mengadu kemana,  terasa sia2 kalau cuma mengadukan ke milis2
atau menulis di surat pembaca.

Kita tidak boleh selalu mengalah dan menerima begitu saja atas ketidak adilan
yang berlaku, tanpa usaha dan kerja keras untuk berubah i, maka perubahan itu
taka akan datang dengan sendirinya.
Tunisia  9 tahun yang lalu masih belum apa2, sekarang jadi tempat tujuan utama
wisata para wisatawan dari eropa, karena rakyat dan pemerintahnya bekerja keras
memperbaiki diri.

Sekedar pendapat, maaf kalau kurang berkenan.

Wassalam
Adrisman Yunus (46+)
Richmond