Assalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakaatuh

Tabuik itu, setau saya berasal dari bahasa Arab
(Taabuut), yang artinya "tempat/keranda mayat".Acara
Taabut ini sudah ada semenjak zaman Fir'aun, mayat di
gotong di keranda tersebut, yang dalam bahasa Arabnya
itu tadi, Taabut. Lantas dari mana asal usul tabuik
ini di Minang, kenapa disebut tabuik yah. Kalau ada
diantara netters memberikan saya penjelasan, dan kalau
bisa buku referensi yang menjelaskan hal ini secara
langsung, tolong diberitahu saya, via japri saja, saya
membutuhkan buku tersebut untuk penulisan saya yad.

Wassalamu'alaikum. Rahima.

--- Lies Suryadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> artikel yang menarik mengenai "SEKOLAH BARUAK" di
> Piaman, maksudnya bagaimana monyet dari kecil
> diajarin memerik kelapa di Pariaman yang pada tahun
> 1950 menjadi komoditas ekspor utama di daerah ini
> (baruak sajo dapek diaja, kok anak kini banyak nan
> indak masak pangaja). Artikel itu memuat foto yang
> bagus2 yang memperlihatkan proses pengajaran dan
> "kurikulum" yang dipakai dalam "sekolah baruak".
> Lihat J. Jongejans, "Apenscholen" [Sekolah-sekolah
> Monyet], Onze Aarde 12 (1939): 254-256.
> Lihat buku Syair Sunur (Padang: PPIM & Citra Budaya,

eh orang-orang syiah disaat

http://www.yahoo.com/r/hs

Website: http://www.rantaunet.org