Ada beberapa hal yang meragukan bagi saya.

> Mudy Situmorang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Date: Wed, 28 Nov 2007 06:47:35 -0800 (PST)

> Peperangan Pemberontak Paderi melawan Kerajaan Islam Minangkabau Pagaruyung
> berakhir tahun 1815 dengan terbantainya seluruh keluarga dan penghulu
> Kerajaan.

Sampai sekarang saya belum tahu apakah ukuran penyebutan Pagaruyung
sebagai kerajaan Islam.

> Tidak pernah ada kaum adat di Minangkabau.

Apakah pernyataan ini benar? Di masa kini pun secara realita saya
merasa bahwa ada orang-orang Minang yang condong ke adat dan ada yang
condong ke Islam. Salah satu bukti nyatanya penyembelihan kerbau untuk
pembangunan ulang istana Pagaruyung beberawa waktu lalu.

> Kembali lagi, tidak ada masyarakat adat. Yang ada adalah masyarakat
> Minangkabau = masyarakat yang menganut adat Minangkabau = masyarakat yang
> setia pada Kerajaan Islam Minangkabau.

Hmm, jadi seluruh masyarakat Minangkabau di masa itu setia kepada
Pagaruyung? Lalu kalau tidak, berarti tidak termasuk masyarakat
Minangkabau?

> ... kembali pada falsafah Minangkabau: ABS-SBK yang sudah ada sejak
> Sultan Alif, Raja pertama Kerajaan Islam Minangkabau.

Benarkah ABS-SBK sudah ada sejak sebelum Perang Paderi? Bagaimanakah
pemahamannya? Secara realita pula di masa kin ada pemahaman yang
bertolak belakang terhadap ABS-SBK:

1) Islam menjadi timbangan bagi adat, atau
2) Islam mengisi apa yang tidak diatur adat

> Tuanku Bosi tewas 1838 hancur bersama Benteng Dalu-dalu oleh serbuan Pasukan
> Koalisi Belanda-Mandailing.

Hmm, apakah dengan kejadian itu Mandailing perlu dinyatakan sebagai
bangsa pengkhianat? Saya bukan bilang mesti begitu lho tapi sekadar
bertanya.

--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

Website: http://www.rantaunet.org