On Dec 6, 2007 4:13 PM, Afda Rizki <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Indak di Malaysia di KSA pun indak jauh beda ...
>
> Mungkin sanak kito di KSA bisa sumbang carito ...ba'a gak ati Sanak Ridha ..

Saya sendiri pernah mengalami hal serupa dengan orang Indonesia
sendiri. Ketika tahun lalu pulang liburan musim panas ke Indonesia,
saat transit di Muscat, Oman ada seorang ibu bertanya ke saya, "Dari
mana, Dik?" Saya bilang, "Dari Saudi, Bu." Si ibu pun bertanya, "Jadi
supir?" Saya tersenyum saja dan bilang, "Saya kuliah, Bu." Beliau
sampai mengulangnya beberapa kali dan lalu minta maaf ketika paham.

Itulah kenyataan pahit yang perlu kita tangani. Kebanyakan pekerja
Indonesia di Arab Saudi berputar pada supir dan pembantu rumah tangga.
Oleh karena itu, secara umum citra Indonesia di Arab Saudi memang
pekerja informal. Sangat sayang karena bagi banyak orang di sini
Indonesia memiliki tempat tersendiri sebagai negeri muslim terbesar.

Saya sendiri sebenarnya lebih sakit hati jika yang memperlakukan
semena-mena itu orang Indonesia sendiri. Begitu banyak pekerja
Indonesia yang khawatir ketika ingin pulang dengan perlakuan di
Cengkareng.

Kalau di kampus saya tidak merasakan masalah seperti itu. Hampir semua
mahasiswa saya orang Saudi dan mereka cukup baik dalam interaksi
dengan saya. Saya sendiri tidak segan untuk beramah-tamah atau pun
tegas kepada mereka. Dengan dosen-dosen saya pun yang penting adalah
pencapaian akademik kita. Alhamdulillah dosen saya malah berharap agar
lebih banyak mahasiswa Indonesia di sini.

Kini alhamdulillah semakin banyak pekerja Indonesia sebagai
profesional di industri Arab Saudi. Dengan begitu semoga citra
Indonesia di negeri orang bisa membaik.

BTW, ada teman saya, orang Jordania, ingin berlibur ke Indonesia.
Apakah ada kontak agen profesional yang bisa membantu?

--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

Website: http://www.rantaunet.org