Rahima,

Ada satu lagi yang perlu implementasi dalam mengharungi hidup ini. Disiplin.
Kalau sebuah acara sudah dijadualkan 1 jam, stop. Apa pun alasannya jangan
biasa memperpanjang. Secara berkelakar saya selalu mengatakan kepada
mahasiswa saya, atau kepada peserta pelatihan kalau saya menatar: "Maaf,
waktu kita sudah berakhir. Jerih payah saya tidak boleh berlebih sedetik pun
juga." Dan saya berkemas dan pamit.
Commitment terhadap jadual yang sudah dirancang sangat penting. Tidak semua
audience senang kita mengulur waktu. Mungkin sebagian mereka juga sudah
punya jadual untuk kegiatan lain.

Saran kedua: Jangan larut di dalam situasi yang tidak menyenangkan dalam
menghadapi sebuah masalah. Resep saya: hadapi, analisis, tetapkan alternatif
terbaik, kerjakan, and forget it. Kalau tidak begitu, kita akan stres.
Jawaban saya terhadap pertanyaan banyak orang, apa rahasia saya tetap sehat
sampai usia yang sudah hampir 71 tahun ini,  salah satunya adalah, "hindari
semua situasi yang akan berujung ke situasi yang membuat kita stres".
Mungkin bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah rumah yang terpaksa akan
ditinggalkan.

Mudah-mudahan bermanfaat.

mak Sati (70+9+14)

Tabiang