ANAK MANUSIA KORBAN POLITIK (4)

Assalaamu'alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu

Nan nomor 4 ariko. sarupo dibawahko potongan caritono.....

Caritoko kini ambo latakan pulo di

http://lembangalam.multiply.com dan www.palantalembangalam.blogspot.com

4.      CERITA LAMA

‘Kau ingat kenapa kita berkelahi?’ tanyanya.

Aku mengernyitkan kening dan terdiam. Kenapa kami dulu berkelahi? Bukankah
waktu itu dia menuduhku mempengaruhi Rosmiar agak tidak mau menerima ungkapan
cintanya. Jadi agaknya cerita ini akan ada kait berkait denganku? Tanyaku dalam
hati.

‘Seingatku, kau menuduhku menghalangi Rosmiar untuk jadi pomlemu. Bukankah
begitu?’ tanyaku.

‘Bukan sekadar itu. Aku menuduhmu bahwa kau mengatakan sesuatu tentang ayahku,’
jawabnya.

‘Kau menuduhku, bahwa aku mengatakan sesuatu tentang ayahmu? Ah, nggak. Tentang
apa? Seingatku kau marah-marah karena Rosmiar menolakmu jadi pomlemu. Bukan
begitu?’

‘Bukan. Rosmiar mengatakan bahwa dia tidak mau denganku karena aku anak orang
PKI. Bahwa semua orang tahu bahwa aku anak orang PKI. Dan dia juga menyebut
bahwa kau juga tahu bahwa aku anak orang PKI.’

‘Aku malahan tidak ingat itu. Lalu kenapa?’

‘Sebenarnya aku memang adalah anak orang PKI,’ katanya.

Aku kembali terdiam. Apa maksudnya?

‘Maksudmu?’

‘Maksudku, aku benar-benar anak seorang PKI. Ayahku PKI. Ayahku anggota partai
terlarang itu.’

Lagi-lagi aku terdiam.

‘Inilah yang ingin kuceritakan. Bahwa aku mendapat pengalaman istimewa karena
ayahku PKI itu. Entah dari mana cerita ini akan aku mulai. Ringkasannya dululah
biar kau punya bayangan. Ayahku dulu seorang pegawai kantor pos. Awalnya ayahku
bukanlah orang yang menyenangi politik. Justru ibuku yang lebih aktif dalam
hal-hal politik. Ibuku aktif di Aisyiah dan jadi anggota Masyumi. Waktu terjadi
peristiwa Gestapu, pamor PKI hancur. Orang-orang PKI menghilang atau
dihilangkan. Tapi ayahku sendiri selamat. Beliau hanya berhenti atau disuruh
menghilang saja oleh atasannya di kantor. Beliau tinggal saja di rumah dan
kembali sakit-sakitan. Ayahku memang agak penyakitan. Sampai beliau menemui
ajalnya lima tahun kemudian di tahun 70.’

Marwan menarik nafas. Aku memandangnya dengan mata tak berkedip. Aku tidak bisa
bersuara.
’

Catatan

Sebuah cerita fiktif. Kesamaan nama dengan nama yang sebenarnya dalam cerita
ini bukanlah disengaja. Cerita ini  masih sedang dalam proses kelanjutannya.

Lembang Alam

Nan langkok caliak di http://lembangalam.multiply.com dan
www.palantalembangalam.blogspot.com

Be a better friend, newshound, and

Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN:
- Selalu mematuhi Peraturan Palanta RantauNet lihat di
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-palanta-rantaunet
jalur pribadi.