Da, satau wak DIPA iko bukanlah Pinjaman Pemda, apolai dana dari Bank,
justru dana DIPA itu, dilatak an di Bank di daerah dengan mencairkan
melalui KPPN oleh Kuasa Pengguna Anggaran, KPA adalah Gubernur yg
dilaksanakn Satuan Kerja, mungkin dalam hal ini BRI atau Bank Nagari
tampek manyimpannyo.

DIPA = Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran, adolah anggaran APBN dari
Pemerintah pusat dalam membangun NKRI ini, dana iko adolah untuk
Anggaran untuk pembiayaan pelaksanaan Pemerintahan atau Departemen,
baik untuak Gaji, Pembangunan, Bantaun dan lain sebagainyo. Jadi, jan
kuatir lo, iko pinjaman dari bank, tapi dari pemerintahan pusat,
mungkin juo Pinjaman, Hibah, atau Rupiah Murni.

Nan jadi masalah, bara nan di anggaran Pemda untuak kegiatan memajukan
Pariwisata nan di paciak dek Dinas pariwisata?? apo lai indak
Perjalanan Dinas sajo kegiatanyo??? atau Bansos se??

12 T Dipa Prov. Sumbar kini, nampak no lai maningkat dari taun
sebelumnyo, tapi jauh dibawah Sumut nan 21,150 T, 2 kali lipek dari
jambi nan 6,5 T, dan Riau nan hanyo 4,4 T.

Sementara Aceh dengan 2 sumber anggaran, BRR dan Pemerintah Prov
mencapai paling besar di Sumatra, dalam 3 tahun ini, Aceh selalu masuk
dalam urutan ke 5 terbesar di indonesia, tahun ini Dipa untuk pemprov
18T an, sementara dari BRR 10Tan, dengan total lebih kurang 29 T TA.
2008 ini.

Untuk Dipa sumbar adalah, yang penting kita perhatikan adalah
Kebocoran dari pengelolaan keuangan itu sendiri, mengontrol dan
melihat kegiatan yang tidak menyentuh masyakat, seberapa besar
anggaran untuk pariwisata, dan tentunya, penyerapan anggaran yang
tidak memuaskan, karena setiap realisasi dari APBN itu tidak pernah
ada mencapai 80%.

Mumpung masih baru berjalan, dan seandainya kita tau RKA-KL dari DIPA
sumbar itu, mungkin kita bisa mengoreksi, dan menyusula Revisi atau
Perubahan disaat APBN-P (kalau ada nanti) atau merubah kegiatan pada
Mata Anggaran yang sama menjadi kegiatan yang menyentuh masyarakat.

Salam..
Mohon koreksi jikok salah, dek awak indak juo urang Keuangan.
Cuman kebetulan nan diolah disawah wak, adolah maolah RKA-KL jo DIPA ko kini.
Nan bisa menghabiskan cuman 6.2% dari 10.Tan, untuang anggaran lai
ndak mati, alias bisa di luncurkan.

Pada tanggal 11/01/08, Yulnofrins Napilus <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Aulia, kita kumpulin aja semua link situs2 ttg Mentawai ini, lalu kita
> posting di milis2 apa saja...! Sikuai aja cukup berhasil kita buat
> sensasinya, masak Mentawai ini yg lebih dahsyat gak bisa sih...?
>
> Kalau gak begitu, Pariwisata Sumbar tidak akan dikenal orang lah...
> Mendorong Pemda kan tidak harus pakai tangan sendiri. Tapi bisa juga melalui
> orang lain...:) Kalau gak begitu, kapan mau meningkat ekonomi Sumbar...??
>
> Dg DIPA Rp.12 triliun thn ini, kalau diasumsikan itu berupa pinjaman bank,
> Sumbar bisa bangkrut tuh... Atau sudah...?? Mau dikembalikan pakai cara apa
> [...]

Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN:
- Selalu mematuhi Peraturan Palanta RantauNet lihat di
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-palanta-rantaunet
jalur pribadi.