ANAK MANUSIA KORBAN POLITIK (10)

Assalaamu'alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu

Nomor 10 ariko.......

Caritoko kini ambo latakan pulo di

http://lembangalam.multiply.com dan www.palantalembangalam.blogspot.com

10. PECAH

‘Masih sering juga rumah istrimu dilempar orang tengah malam, Gobah,’ tanya
Khaidir Malin Basa.

‘Masih,’ jawab Mantari Gobah singkat.

‘Aku dengar pernah kau rondai sendiri. Kau nantikan si pembuat onar itu. Benar?’

‘Benar. Tidak ada dia datang.’

‘Tidak takut kau?’ tanya Katik Sati.

‘Apa yang akan ditakutkan? Buktinya mereka juga orang-orang penakut. Orang
gedang serawar,’ jawab Mantari Gobah.

‘Huh, hebat. Besar juga nyali kau Gobah,’ ujar Datuk Rajo Bamegomego.

‘Begitu buktinya engku Datuk. Siapapun orang-orang itu. Itu adalah orang-orang
gedang serawar, pengecut. Beraninya hanya membuat teror. Beraninya berbuat
sembunyi-sembunyi. Melempari rumah orang tengah malam, membakar rumah orang
tengah malam. Kalau memang berani, keluar siang-siang begini. Buat perkara
siang-siang begini. Baru jantan namanya itu,’ jawab Gobah.

‘Huh. Akan datang masanya Gobah. Akan datang masanya. Orang-orang seperti kau
ini didatangi orang-orang revolusioner terang-terangan. Boleh kau
terampun-ampun kala itu nanti,’ ujar engku Datuk.

‘Kenapa mesti menunggu? Kalau seandainya engku Datuk tahu orangnya, suruhlah
dia datang sekarang-sekarang. Saya ini apa yang akan saya takutkan. Nyawa saya
nyawa berlebih sisa perang kemarin. Dan saya, kalau dapat orang itu, siapapun
dia, akan saya patahkan tangannya,’ Mantari Gobah mulai naik pasang.

Catatan

Sebuah cerita fiktif. Kesamaan nama dengan nama yang sebenarnya dalam cerita
ini bukanlah disengaja. Cerita ini  masih sedang dalam proses kelanjutannya.

Lembang Alam

Nan langkok caliak di http://lembangalam.multiply.com dan
www.palantalembangalam.blogspot.com

Be a better friend, newshound, and

Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN:
- Selalu mematuhi Peraturan Palanta RantauNet lihat di
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-palanta-rantaunet
jalur pribadi.