Pak Ramadhanil yang baik,

Saya kebetulan lagi mengunjungi anak yang jadi pekerja pabrik di PT Antam.
Pomalaa, Kolaka. Sekalian bernapak tilas diwilayah ini karena saya alumni
pertama SMP Antam di Pomalaa, suatu kawasan tambang dan pabrik feronikel
pertama di Indonesia.
Dari CSR Antam untuk masyarakat tampaknya belum menyentuh bantuan dibidang
pertanian. Mereka masih fokus pada pengendalian lingkungan dan upaya
mendongkrak pendidikan formal. Alhamdulilah saat ini sudah tampil cendekiawan
etnis Tolaki dan Mekongga. Jadi CSR Dibidang budi daya buahan belum ada,
Sehingga masyarakat baru tahap mengambil hasil alam yang sudah tersedia saja.
Misalnya, duku, Langsat, duren, salak, rambutan. Meskipun ada Perkebunan besar
serti, coklat dan kelapa sawit, namun digarap oleh transmigran dari Jawa.

Karena saya tertarik thread khasiat buah manggis dari pak Reflus, saya teringat
kenangan masa kecil sate manggis. Sangat bagus untuk di budidayakan karena
khasiatnya.

Apa yang pak Dhanil paparkan, saya jadi kagum  atas pengabdian pak dhanil
didaerah perantaun yang ada pepatahnya. Dima bumi dipijak disinan langik
dijunjung. Lalu bagaimana dengan pakar pertanian dan perkebunan di Sumbar?
Mudahan pakar sumbar bisa mengikuti kebutuhan zaman ya pak. Apalagi tanaman2
yang berkhasiat berlimpah dari sumbar. Tentunya pak Dhanil dapat melakukan
kemitraan dengan Unand.

Teriring doa semoga pak Dhanil sukses selalu,

Wassalam,

Evy Nizhamul.
Pomalaa, kolaka.