Assalamu'alaikum,

Kalau samo-samo muslim Rasulullah indak mancontohan parang doh, tapi mambari
contoh-contoh perilaku lemah lembut (Islami). Kito baco dari HR Thabrani
berikut:

Thabrani meriwayatkan dan Hasan bin Ali RA bahwa Ia pernah bertanya kepada
ayahnya tentang sebagian sifat-sifat Rasulullah SAW di antara tanya jawab itu
adalah sebagai berikut:

Hasan berkata,
"Aku bertanya kepada ayahku tentang keluarnya Rasulullah SAW dan rumah, dan apa
yang diperbuat Rasul saat keluar?"
Ali menjawab,

"Rasulullah SAW selalu menjaga lisannya (tidak bicara) kecuali yang (dibutuhkan
orang). Beliau bergabung dengan mereka dan tidak mcnghindar. Pemimpin setiap
kaum memuliakan dan mengangkat beliau sebagai wali mereka. Memberi peringatan
kepada manusia dan menjaga mereka tanpa menutupi keburukan dan akhlaknya.
Mengunjungi para sahabatnya. Bertanya kepada manusia apa yang terjadi di tengah
mereka. Mengatakan baik terhadap sesuatu yang baik dan menguatkannya.
Mengatakan buruk terhadap sesuatu yang buruk dan melemahkannya (membuatnya
menjadi lemah tak berdaya dengan cara mencegah dan melarangnya). Mengambil
jalan tengah dalam menghadapi suatu urusan tanpa menimbulkan pertentangan.
Tidak mudah lalai, karena khawatir orang-orang juga akan lalai atau
menyeleweng. Mempunyai kesiapan untuk setiap kondisi. Tidak memotong kebenaran
atau memperbolehkannya. Terbaik di antara orang-orang yang lemah-lembut. Paling
serasi tentang apa pun yang ada pada dirinya. Paling
 banyak menyebarkan nasihat. Apa pun yang ada pada dirinya adalah yang paling
agung derajatnya, dan paling baik bantuan serta pertolongannya."

Hasan berkata lagi, "Bagaimana Rasulullah duduk?"
Aku bertanya kepada ayahku,
Ayahku menjawab,

"Rasulullah SAW tidak duduk dan tidak bangun kecuali dengan berdzikir. Tidak
tinggal di sembarang tempat dan melarang hal itu. Apabila tiba di suatu kaum,
beliau duduk pada deretan paling ujung dan menyuruh demikian. Memberi kepada
mereka masing-masing tempat duduk. Teman duduknya tentu tidak mengira bahwa ada
seseorang yang Iebih dihormati daripada beliau. Siapa pun yang diminta duduk
atau berdiri karena suatu keperluan, beliau menyuruh bersabar, sehingga ia akan
pindah sendiri. Siapa pun yang meminta bantuan, maka Ia tidak akan menolak,
bahkan beliau langsung melaksanakannya, atau hal yang lebih ringan dan sekedar
ucapan. Menyuruh manusia melapangkan tempat dan akhlak. Dengan itu semua,
beliau menjadi bapak bagi mereka (dan mereka menjadi anak bagi beliau). Bagi
beliau kebenaran semua sama. Majlisnya adalah majlis yang penuh dengan welas
asih, rasa malu, sabar, dan memegang amanat. Tidak ada suara yang diucapkan
dengan nada tinggi. Yang haram tidak
 diolok-olok, yang salah tidak dikucilkan, sederhana, saling berlomba dalam
ketakwaan, saling meredahkan diri, yang besar dihormati. dan yang kecil
disayangi. Mereka mendahulukan kepentingan orang yang punya keperluan dan
menjaga orang asing."

Hasan berkata lagi,
"Lalu aku bertanya kepada ayahku tentang sikap atau tingkah laku beliau di
antara teman-temannya."
Maka ayahku berkata,
Rasulullah SAW selalu tampak gembira, halus budi pekertinya, ramah-tamah, tidak
buruk akhlaknya, tidak keras sikapnya, tidak cemberut, tidak kelewat batas,
tidak suka menghina, tidak bercanda, mudah melupakan apa-apa yang tidak
penting, tidak membuat putus asa orang yang hendak meminta bantuan kepadanya,
tidak membuatnya kecewa, membiarkan manusia (untuk meniru) tiga hal; tidak
mencela dan menghina seseorang, tidak meminta (untuk mengatakan) rahasia
pribadi; tidak berbicara kecuali dalam hal-hal untuk meminta pahala Nya.
Apabila beliau berbicara, orang-orang lain senantiasa menundukkan kepala,
seakan-akan di atas kepala mereka ada burung. Bila beliau berbicara mereka
diam, dan baru setelah beliau diam mereka berbicara. Tidak ada pertentangan
(perdebatan) selagi ada beliau. Mereka tertawa apabila ada sesuatu yang membuat
tertawa. Takjub terhadap sesuatu yang membuat mereka takjub. Bersabar kepada
orang asing yang berbicara kasar dan dalam urusannya,
 sampai-sampai para sahabatnya ribut karena hal itu. Jika demikian maka beliau
bersabda, "Apabila kalian melihat orang yang mempunyai keperluan, tolonglah.
Pujian tidak diterima kecuali yang sewajarnya. Jangan memotong pembicaraan
seseorang sampai ia selesai berbicara."

Sekedar sharing sajo.
Wallahua'lam.

Dedi N - 50