From: "Darwin Bahar" <dba...@indo.net.id>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Mon, 4 Jun 2012 05:37:16
To: 'Rantaunet'<rantaunet@googlegroups.com>
Cc: 'Ajo Mardin'<ajod...@gmail.com>; 'Saafroedin Bahar'<saaf10...@yahoo.com>;
'Syamsir Syarif'<hamboc...@yahoo.com>; <fashnoor2...@yahoo.co.id>
Subject: Re: [R@ntau-Net] Re: Kalau Iko Ambo Indak Manulak

Dinda Duta, Dinda Fashridjal sarato Sanak Sa Palanta Nan Ambo hormati

Nagari awak "a piece of heaven on earth"?,

Dinda Duta,  it sounds like another “orang bilang tanah kita tanah surga"
:), surga bagi koruptor-koruptor kakap, surga bagi para pengedar dan napi
narkoba, surga bagi korporasi multinasional yang menguasai dan mencekik
hampir seluruh sektor perekonomian, surga bagi produk-produk impor dari
kentang sampai show-show artis superpopuler yang bayarannya
bermiliar-miliar, surga bagi kelompok-kelompok orang yang gemar melakukan
pemaksaan kehendak melalui pengerahan masa dan perilaku anarkis, baik yang
berjubah atau bukan.

Setantang  pernyataan  KH Hasyim Muzadi, saya sangat meragukan bahwa SMS itu
berasal dari beliau. Yang ada dan beberapa pernyataan yang mirip dengan SMS
tersebut adalah pernyataan PB NU yang disampaikan KH Said Aqil Siroj, seusai
bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Selasa
(29/5/2012) yang bersumber dari KB Antara dan dikutip oleh beberapa Media,
yang akan saya lewakan ke Palanta berikut ini.

Kesangsian saya itu, pertama sangat ganjil jika Kyai Hasyim selaku Presiden
WCRP (World Conference on Religions for Peace) dan Sekjen ICIS
(International Conference for Islamic Scholars) mengeluarkan pernyataan
beliau melalui media SMS. beliau kan dapat mengeluarkan pernyataan resmi
atau mengeluarkan pers release.

Kedua sejumlah pernyataan Kyai Hasyim seperti “Indonesia lbh baik
toleransinya dr Swiss yg sampai skrg tdk memperbolehkan Menara Masjid, lebih
baik dr Perancis yg masih mempersoalkan Jilbab, lbh baik dr Denmark, Swedia
dan Norwegia, yg tdk menghormati agama, krn disana ada UU Perkawiman
Sejenis. Agama mana yg memperkenankan perkawinan sejenis ?” IMHO, sangat
naïf dikemukakan oleh seorang Kyai Hasyim yang dikenal sebagai ‘kiyai
intelektual’ yang pernah jadi cawapres serta loyalis dan pemikirannya sangat
dekat dengan Gus Dur

Wallahualam bissawab

Wassalam, HDB-SBK (L, 69-)