http://news.detik.com/read/2012/09/25/112747/2034600/608/ahmad-fuadi-menulis-kisah-anak-anak-sumatera-barat-dari-italia

Selasa, 25/09/2012 11:27 WIB
Ahmad Fuadi Menulis Kisah Anak-anak Sumatera Barat dari Italia
Nurvita Indarini - detikNews

Pria yang lahir 30 Desember 1972 ini datang ke Italia karena terpilih sebagai
resident writer di sebuah program
prestisius Bellagio Center. Tak hanya Fuadi, beberapa seniman dan
akademisi dari seluruh dunia juga mengikuti kegiatan yang didanai
Rockefeller Foundation tersebut. Salah satu penulis yang pernah menjadi
resident di program ini adalah Michael Ondaatje, penulis novel English
Patient yang kemudian diangkat ke layar lebar dan memenangi 9 piala
Oscar tahun 1996.

"Saya sangat bersyukur bisa terpilih dan
mendapat kesempatan langka ini. Menulis dengan suasana yang tenang dan
tinggal 1 bulan di sebuah villa di pinggir salah satu danau terindah di
dunia," ujar Fuadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom
pada Selasa (25/9/2012).

Menurut Fuadi, dari kamar villanya dia
bisa melihat danau dan puncak-puncak Alpen di Swiss yang hanya berjarak
beberapa kilometer saja. "Di Itali saya akan mulai menulis novel keempat
 saya tentang kehidupan anak-anak di Sumatera Barat," imbuhnya.

Nantinya
 novel yang ditulis Fuadi di Italia akan bercerita tentang kehidupan
anak-anak di pinggir Danau Maninjau, tempat kelahirannya. Meski
settingnya lokal, namun ada pandangan global dalam tulisan itu nantinya.

"Kebetulan
 banget, ceritanya diilhami pengalaman saya lahir dan besar di pinggir
danau di Minangkabau. Siapa kira saya dapat kesempatan menuliskan
pengalaman ini di pinggir sebuah danau juga, tapi di Itali," tutur suami
 Danya Dewanti ini.

Saat ini Fuadi tengah mengedit buku ke-3 dari
 trilogi Negeri 5 Menara. Novel ketiga Fuadi ini sedang memasuki
penyelesaian akhir. Diharapkan pada awal tahun 2013 mendatang novel
tersebut sudah bisa terbit. Novel tersebut akan bercerita tentang
petualangan tokoh Alif setelah dia lulus kuliah. Dia akan melakukan
pencarian banyak hal, seperti kerja, jodoh dan misi hidupnya.

"Settingnya
 di Jakarta dan Washington DC. Yang seru antara lain bagaimana Alif
menemukan jodohnya. Tunggu saja awal tahun untuk lebih lengkah," lanjut
Fuadi memberikan sedikit bocoran.

Dia menyebut saat ini novel
Negeri 5 Menara menjadi novel Indonesia terlaris sepanjang sejarah
penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel itu bahkan sudah diterjemahkan ke
 bahasa Inggris dengan judul The Land of Five Towers.

Sedangkan
buku keduanya, Ranah 3 Warna, sedang dalam proses penerjemahan. Selain
itu Fuadi akan diundang menjadi pembicara di pameran buku terbesar
dunia, Frankfurt Book Fair pada pertengahan Oktober. Dia juga akan
menjadi pembicara di Singapore Writers Festival di awal November 2012.

"Semoga
 saya bisa ikut mengenalkan dunia buku Indonesia ke masyarakat dunia.
Sudah saatnya kita giatkan literasi Indonesia untuk dunia," harap Fuadi.

Dari
 wikipedia, Fuadi memulai pendidikan menengahnya di KMI Pondok Modern
Darussalam Gontor Ponorogo dan lulus pada 1992. Pendidikan perguruan
tinggi ditempuhnya di jurusan Hubungan Internasional di Universitas
Padjadjaran.

Fuadi pernah menjadi wartawan Tempo. Hingga akhirnya
 pada 1998, dia mendapat beasiswa Fulbright untuk kuliah S2 di School of
 Media and Public Affairs, George Washington University. Bersama dengan
istrinya, Fuadi menjadi koresponden Tempo dan wartawan VOA.

(vit/nrl)

Renny.Bintara