Dinda Armen dan Pengurus LPM Marapalam NAH,
setelah membaca seluruh posting thread ini, saya ingin memetakan dulu kondisi
terakhir sbb:

1. Ada masalah lapangan dalam program Jawi Simmental di Sumpur Kudus ini, baik
Tahap 1 maupun Tahap 2.

2. Untuk mengatasi masalah itu, AZ sebagai koordinator lapangan akan
memindahkan lokasi ke tempat lain.

3. Namun dalam pelaksanaan untuk memecahkan masalah ini terkendala sejumlah
masalah lain, terutama menyangkut waktu dan biaya operasional.

Apakah 3 kesimpulan di atas benar? Jika ya, usulan saya sebagai salah seorang
peserta Tahap 2 adalah sbb:

1. Karena program Jawi Simmental di SK adalah program LPM Marapalam
(organisasi), bukan program sanak AZ pribadi, maka keinginan untuk memindahkan
lokasi kemitraan barulah pada tahap "rekomendasi" sanak AZ sebagai koordinator
lapangan, dan belum bisa dianggap sebagai KEPUTUSAN Marapalam.

Pengurus LPM Marapalam harus segera mengkaji baik buruk rekomendasi sanak AZ
dan mengeluarkan KEPUTUSAN RESMI organisasi. Lebih cepat, lebih baik.

2. Karena ini menyangkut organisasi pula, sebaiknya ada Pengurus Marapalam lain
yang turun ke SK untuk mendengarkan pendapat dari sisi Wali Negara dan terutama
warga yang telah berpartisipasi dalam menggemukkan jawi.

Jika masalahnya hanya problem teknis, misalnya uang lelah yang Rp. 6.000/hari
tidak mencukupi untuk setumpuk tugas dalam memelihara jawi, maka solusinya
harus secara teknis pula (apakah menaikkan upah harian, atau jika upah tak bisa
dinaikkan, maka harus dicari warga yang mau menerima plafon itu).

Yang agak rumit jika yang terjadi adalah problem non-teknis, apalagi yang
bersifat komunikasi. Bagaimana caranya agar dalam mengambil "rambut dalam
tepung" ini rambut terambil, tapi tepung tidak koyak.

3. Harap Pengurus LPM Marapalam memosisikan diri sebagai "tamu" di SK, dan
dalam konteks program jawi Simmental mereka adalah mitra, bukan buruh yang bisa
diperlakukan "take it or leave it".

4. Memindahkan jawi ke luar SK, berapa pun biaya yang dibutuhkan, tolong
dijadikan opsi terakhir, apalagi jika inti "masalah lapangan" belum bisa
diselesaikan dengan tuntas. Sebab, jawi dan Tim Marapalam bisa pergi dari SK,
tapi jika "salah langkah" apalagi sampai menyinggung perasaan warga, maka kabar
itu akan lebih cepat sampai ke tempat baru di mana pun jawi akan dipindahkan,
di seluruh Ranah Minang. Nanti getahnya bisa merembet ke RantauNet dan citra
para perantau secara umum pula.

Ringkasnya, jangan pecahkan masalah dengan melahirkan masalah baru.

5. Menyangkut problem biaya operasional yang dihadapi sanak AZ dalam kondisi
yang tidak mudah ini, bagaimana LPM Marapalam sebagai organisasi mengatasinya?
Ini yang belum terpapar dalam posting-posting selama ini. Jangan sampai sanak
AZ menghadapi semua problem lapangan seorang diri padahal beliau membawa nama
Marapalam/RantauNet.

6. Bagaimana pula komitmen RantauNet, sebagai organisasi, dalam menyikapi
problem yang sedang dihadapi Maralapalam ini (mohon diingat, ini bukan problem
sanak AZ pribadi) tersebab Marapalam adalah "sister company" dari RN.

Misalnya, jika untuk kepentingan kalender pariwisata MAPPAS, RN bisa
meminjamkan dulu dana talangan untuk dana operasional, bisakah dalam kasus jawi
Simmental ini diberlakukan "bridging loan" serupa?

(Pertanyaan No. 6 ini sebaiknya dijawab Pengurus YPRN).

7. Sekiranya semua langkah no 1-6 sudah dilakukan, namun tak ada kesimpulan
lain yang bisa diambil selain seluruh jawi harus dipindahkan, tetapkan tanggal
pemindahan yang akan dilakukan (sebelum tahun ini berakhir? Atau sesudah tahun
baru?). Dan penentuan tanggal ini harus merupakan keputusan LPM Marapalam
sebagai organisasi, bukan sanak AZ pribadi.

8. Jika kebutuhan biaya operasional tak terpecahkan dalam waktu dekat (baik
dari kacio LPM Marapalam atau tak ada "bridging" dari RantauNet sebagai
"holding company"), saya MENGIZINKAN agar sapi saya SiKaBun yang sudah saya
niatkan untuk dihibahkan kepada LPM Marapalam agar DIJUAL CEPAT dan hasilnya
digunakan untuk biaya operasional Dinda AZ dalam mengurus program ini. Harga
jual mungkin tak setinggi harga awal, tapi yang penting ada "cash in" yang bisa
digunakan sanak AZ.

Menurut saya dalam kondisi seperti ini, tindakan nyata lebih dibutuhkan
dibandingkan memperpanjang wacana mempermasalahkan strategi yang dilakukan AZ
selama ini. (Yang bisa dilakukan nanti setelah "badai" reda).

Menjual satu jawi bisa dilihat sebagai kemunduran dari ide awal program, tapi
lebih baik "mundur selangkah" demi menyelamatkan keseluruhan program yang sudah
berjalan.

Inilah anugerah yang dilimpahkan Tuhan kepada kita semua untuk menunjukkan
Marapalam/RN bisa berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai ORGANISASI bukan
hanya membenarkan semuanya kepada bahu sanak AZ sendirian.

Mari kita gunakan anugerah untuk menunjukkan kebersamaan ini.

Salam,

Akmal N. Basral
Cibubur

Sent from my iPad