Kalau saya boleh ikut sumbang saran dari penelaahan ilmu logika, contoh
pendapat "Orang Minang adalah anak hasil zina" adalah pernyataan dengan
'logika error' yang secara kategoris termasuk dalam 'Fallacy of False
Cause'. Coba lihat contoh ini:

1. A. Haji suka mengaji.
    B. Orang Minang suka mengaji.
    C. Maka semua orang Minang adalah haji.

Bandingkan dengan pernyataan yang diusung AA.

2. A. Anak zina bernasab ke ibu.
    B. Orang Minang bernasab ke ibu*
    C. Maka semua orang Minang adalah anak zina

(*AA cs tidak menerima penjelasan 'bernasab ke bapak, bersuku ke ibu'. Bagi
mereka frasa 'bersuku ke ibu = bernasab ke ibu'). Padahal, struktur
logika contoh 1 dan 2 sama dan sebangun, bukan?

Dalam kategori Fallacy of False Cause ini yang disebut 'Cum Hoc Ergo
Propter Hoc' (Correlation does not imply causation/Hubungan yang tidak
menyiratkan sebab-akibat).

Jadi jika yang dihadapi adalah orang yang mengeluarkan pernyataan dengan
logika error, penyikapan kembali pada kearifan sikap sanak masing-masing.

Sanak yang tidak mau menghadapi orang dengan logika error adalah pilihan
bijak.
Sanak yang bersedia menghadapi orang dengan logika error adalah pilihan
tepat.
Menurut saya, dua-duanya benar.

Yang menjadi masalah, dan membuat kita ikut-ikutan berlogika error adalah,
jika sanak yang enggan menghadapi AA (buat apa orang dengan logika error
dihadapi, buang-buang waktu saja) menjadi saling berbantahan dengan sanak
yang ingin memberi pelajaran kepada AA (supaya dia menyesal dan menarik
perkataannya, syukur-syukur dipolisikan).

Apakah kita mau ikut-ikutan error (saling menyalahkan satu sama lain)
saat menghadapi
seseorang/kumpulan yang berlogika error?

Allahu a'lam,

ANB
Cibubur