Sanak Sa Palanta nan Ambo Hormati,

Saya tidak aktif dalam berbagai diskusi di FB, karena itu saya tidak pernah
membaca langsung carut marut AA tentang masyarakat Minang yang
dipostingkannya.. Namun dari penjelasan Ajo Sur, apa yang dilakukan AA
tersebut-yang sangat berbeda dengan pernyataan ke Harian Singgalang-menurut
hemat saya, sudah mengarah kepada pelecahan rasial, yang bahkan tidak dapat
diterima di kalangan masyarakat yang sangat menjunjung tinggi kebebasan
berpendapat dan berekspresi sekalipun.

Jadi walaupun  carut-marut AA tidak akan mempunyai pengaruh apapapun
terhadap marwah masyarakat Minang secara keseluruhan-saya ingin
menggarisbawahi pendapat Rky Tuti Malano-apa yang dilakukan AA tersebut
tetap kejahatan dan perlu diberi ganjaran agar memberikan efek jera.

Karena itu upaya mempolisikan AA tersebut merupakan langkah yang sangat
tepat dan perlu didukung.

Wassalam, HDB St Bandaro Kayo (L, 69+)

===

Bls: Bls: [R@ntau-Net] Panas di Facebook Soal Matrilinial
Sat Jan 5, 2013 6:19 am (PST) . Posted by:
"Lies Suryadi"

Sajauah nan ambo ikuti, Pak Syaf, nan punyo perilaku memojokkan dan
bacaruik2 si si AA cs ko. Kalau mambaco postingan2nyo, jan heran, aco basuo
kato 'ingok' 'karengkang', 'jahiliyah', 'kafirun', 'mada',
dll. Di lapau ko kan ado guru dan urang tuo kiro, Pak Mochtar Naim, mah.
Baliau pun indak diharagoi doh dek AA ko. Namuah AA ko badebat pakai bahaso
kasa bagai jo Pak Mochtar. Geleng2 kapalo ambo. APo iyo datuak inyo tu? Kok
iyo, kok bahasonyo indak mencerminkan bahaso sorang nan mandapek pangajaran
samo sakali?

Ini refleksi saya ketika AA ini sudah bercarut2 juga di internet tahun lalu:
http://niadilova.blogdetik.com/index.php/archives/867

Wassalam,
Suryadi