 From: "fadli...@gmail.com" <fadli...@gmail.com>
To: rantaunet@googlegroups.com
Cc: Indra Jaya Piliang <pi_li...@yahoo.com>; pi_li...@yahoo.com
Sent: Monday, January 28, 2013 5:27 PM
Subject: Re: Bls: [R@ntau-Net] Re: Pariaman Tadanga Langang, dek Indra Jaya
Piliang Mangkonyo Rami

Ajo Suryadi dan Ajo IJP,

Perlu saya garis bawahi, MUBADZIR yang saya maksud adalah dalam posisinya
sebagai Lahan Tidur dan tidak dapat diakses publik. Jauh sekali dalam pikiran
saya lahan itu dikonversi menjadi ruko atau bangunan yang berlantai beton
lainnya.
Saya jelas-jelas mengangankan Lahan itu berubah menjadi semacam Taman
Pendidikan dan Budaya seperti halnya Taman Menteng di Jakarta Pusat, atau dalam
istilah marketingnya adalah sebuah Discovery Park. Jadi mohon tidak
disalahpahami.

Barangkali jika Ajo berkesempatan pulang, akan terlihat bahwa lahan Parak
Karambia yang tidak cantik itu DIPAGARI SETINGGI 2 METER dan isinya tidak lain
hanyalah ilalang dan rumput liar saja. Sedangkan kedai-kedai yang dilihat oleh
Ajo IJP itu lokasinya adalah diluar pagar tersebut, menempel pada sisi luar
pagar tersebut.

Poin saya adalah, apabila Pihak Hotel Nan Tongga sama sekali tidak punya ide
untuk memanfaatkan Lahan Ilalang dan Karambia itu, adalah lebih baik Pemerintah
Kota mengambil alih dengan skema kerjasama atau apapun itu, sehingga akses ke
lahan itu bisa dibuka untuk publik dan lebih bermanfaat lagi.

Kenapa harus lahan itu? Kenapa bukan tempat lain di utara dan di selatan?
Semata-mata karena faktor strategisnya dan ada kesatuan konsep dengan sejarah
Pariaman sebagai Kota Pelabuhan Lama.
Akan sangat cantik jika Lahan ini dibuka pagarnya dan dijadikan taman yang
lebih modern serta terintegrasi dengan Stasiun Pariaman, Taman Gandoriah dan
Masjid Nurul Bahari.
Selain itu Panggung Pentas akan menjadi objek sentral di tengah2 taman itu
nantinya yang tentunya dapat dimanfaatkan lebih maksimal.

Sekali lagi, lihat dahulu ke lapangan. Kondisi sekarang tidak ada kemiripan
sama sekali dengan area hijau di sekitar Landmark2 Eropa. Justru dengan
menyulap area ini menjadi Taman Modern malah akan membuat Landmark Pariaman
mirip dengan Landmark Eropa, dengan catatan Stasiun Pariaman lah yang menjadi
Landmarknya.

Salam Hormat,

Zulfadli

Pada Senin, 28 Januari 2013 16:05:01 UTC+7, Indra Jaya Piliang  menulis:
Ambo setuju uda Suryadi. Paru2 kota, buruang2. Lokasi nan lain banyak nan
"mubazir", tpi bukan di foto iko.

> [...]
>kayu sudah dibikin. Kalau dibiarkan, lama2 bisa menjadi bangunan semi permanen
>dan permanen.
>
>Saya sudah punya gambaran tentang pengelolaan pantai Pariaman. Mana yg pantai
>terbuka, mana Tempat Pelelangan Ikan, mana yang tempat bakar ikan (kuliner
>ikan saja), mana yang jadi hutan pantai, mana juga yang dibuat jadi semacam
>water front city. Termasuk juga sungai2 kecil, selokan2 kecil, bisa ditata,
>dengan konsep sungai atau selokan jadi halaman depan, bukan halaman belakang.
>

>Indra J Piliang, The Indonesian Institute, Jln Wahid Hasyim No. 194, Jakarta

 topik/subjek baru buat email baru, tdk mereply email lama & mengganti