Saya teringat kali terakhir saya menyaksikan Pekan Budaya yaitu di
Payakumbuh tahun 1990.
Saya masih usia 7 tahun waktu itu.

Sungguh luar biasa, acara berskala Propinsi ini dibuka dgn Tari Massal
Tradisional melibatkan ratusan penari. Ribuan orang menyaksikan
festival ini di jalan utama Pasar Payakumbuh, di halaman Kantor Bupati
50 Kota, tepat didepan patung kuda.

Malam harinya tiap kabupaten membuka stand kuliner, kesenian dan fashion.
Ibu membawa saya ke stand One, dari Pariaman. Malam itu kami makan
sala lauak tukai yg baru digoreng ditengah dinginnya udara Payakumbuh.
Malam itu juga saya dibuat kagum oleh atraksi Batu Angkek2 dari Tanah Datar.

Stand2 kabupaten sebagian menggunakan toko2 yg tidak dihuni di lantai
2 Pasar Payakumbuh. Sebagian lain membuat kios2 triplek di jalan
utama.
Saluang, Indang, Randai dan Simarantang dipertandingkan.
Silek2 tradisional dipertunjukkan. Siangnya Pacu Itiak dipertontonkan.

Sungguh kenangan tak terlupakan. Kata Ayah kegiatan ini akan digilir
di kota2 lain.
Namun selama saya tinggal di Pariaman 1994-2001, tidak pernah saya
lihat acara ini. Paling2 hanya pameran Hari Kesaktian Pancasila.

Jadi kapan terakhir kali Pekan Budaya diadakan? Di kota mana?