Lua biaso karajo adiak ambo nan ciek ko.
Cekatan, sigap, efektif.

Semoga Allah melimpahkan ganjaran yang lebih baik bagi Reni dalam upayo
mendiseminasikan kisah kehidupan Buya Hamka maso ketek, remaja dan dewasa
muda nan alah banyak dilupokan urang ko (tamasuak rang Minang).

Bahkan Buya Hamka satalah manjadi Buya pun banyak disalahpahami
kehidupannya, tarutamo manyangkuik Fatwa MUI 1981 dima acok disabuik Buya
Hamka mengharamkan muslim mengucapkan Selamat Natal kepada urang
Kristen/Katolik. Dan ketika Pemerintah meminta agar Buya membatalkan fatwa
itu, maka Buya mengundurkan diri dari MUI. Meletakkan jabatan. Itu versi
nan berkembang subur, dan terus menerus diceritakan, tanpa merasa perlu
mengecek lagi isi Fatwa MUI 1981 apa nan sabananyo secara redaksional.

Padahal itu versi yang SALAH.

Fatwa MUI 1981 adalah pengharaman mengikuti PERAYAAN NATAL BERSAMA oleh
Muslim, bukan MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL. Karena itu Menteri Agama Alamsyah
Ratu Perwiranegara meminta Buya sebagai Ketua MUI membatalkan fatwa itu.
Buya Hamka menolak, dan memilih meletakkan jabatan. Ini kejadian yang
SEBENARNYA.

(Redaksi lengkap Fatwa MUI 1981 mudah dicari di internet).

Urang-urang yang masih ngotot bilang Buya Hamka mengharamkan mengucapkan
Selamat Natal, justru sabananyo melecehkan intelektualitas Buya Hamka, baik
Buya sebagai ulama, apolai Buya sebagai Pujangga. Jauh sebelum menjadi
ulama, Hamka adolah Pujangga Balai Pustaka. Beliau sangat hati-hati menakar
kata-kata, memilih dan menggunakannya dalam karya-karyanya.

Orang dengan intelektualitas setinggi Buya Hamka (bayangkan sajo sekolah
formal hanyo sampai kelas 2 SD, tapi mendapatkan pengakuan internasional
dari Al Azhar) tidak mungkin TIDAK BISA MEMBEDAKAN antara MENGUCAPKAN
SELAMAT NATAL dan MENGIKUTI PERAYAAN BERSAMA NATAL.

Tapi kisah iko nanti akan ado di buku kaduo ambo "CAHAYA SANG BUYA" nan
insya Allah akan terbit pada pertengahan tahun ko. Untuak buku partamo ko
"TADARUS CINTA BUYA PUJANGGA" kisahnyo lebih pado hubungan "benci tapi
rindu" antaro Malik ketek jo sang ayah, Haji Rasul. Lebih banyak ka
topik-topik Parenting dan bagaimana Malik muda mengejar impian menjadi
penulis. ("Menjadi ulama sudah mendarah daging di keluarga kami, tapi
menjadi pujangga adalah keinginan saya yang sesungguhnya," ujar Malik).

Ambo indak ingin membuka kontroversi. Tapi mari kito barandah hati dalam
mambaco sajarah. Check and recheck. Jangan hanyo mangandalkan ingatan,
apolai hanyo mangandalkan "kecek guru ambo dulu ..."

Sebab di situlah gunanya sejarah dikaji, agar manusia tak seperti keledai
yang jatuh di lubang yang sama duo kali.

Wassalam,

ANB
Cibubur

* * *