Jika Hati Yang Telah Bersih Terkotori Lagi
  Oleh ; K Suheimi
  Kali ini saya mendengar Radio Classy dalam Resonansi Jiwa, ceritranya membuat
saya terenyuh dan tercendung dengan judul DAFTAR KEBAIKAN
   Ceritra yg dirangkai oleh Yanti dan disampaikan oleh Adi sangat menyentuh

  Alkisah akan diadakan suatu pertemuan besar para wali. Sehingga semua
muridnya sibuk menyiapkan nampan (wadah tempat makanan). Karena banyaknya
makanan hingga tidak tertampung lagi, maka dicari tempat yang lain. Akhirnya
murid tersebut membersihkan sebuah wadah (tempat makanan) yang kotor dan biasa
digunakan untuk tempat sampah. Hingga wadah tersebut menjadi bersih, dan tidak
kelihatan biasa digunakan untuk tempat sampah. Akhirnya nampan tersebut diisi
oleh buah-buahan yang segar.

  Esok harinya tibalah pertemuan besar para wali dimulai. Sampai saat jamuan
makan, maka semua makanan pun dihidangkan. Selesai makan, tiba untuk makanan
penutup berupa buah-buahan. Wali selaku pemilik rumah, tahu dan melihat nampan
yang biasa digunakan tempat sampah berubah menjadi tempat buah-buahan. Akhirnya
sang wali bertanya kepada muridnya, kenapa nampan itu ada disitu. Murid pun
menjelaskan.
  Akhirnya sang wali menyuruh murid tersebut untuk menempatkan kembali nampan
tersebut ditempat semula, yaitu menjadi tempat sampah.

  Ketika murid hendak mendekati nampan, dengan ijin Allah nampan tersebut
berbicara : "Wahai Tuan, aku memang dahulu kotor dan menjijikan. Semua barang
sisa makanan berada ditempatku hingga aku sedemikian kotornya. Kini aku telah
dibersihkan dan indah untuk menampung barang-barang yang bagus. Sekarang tuan
hendak mengembalikan keadaanku menjadi tempat menampung kotoran lagi. Sungguh
lebih baik aku hancur daripada aku yang telah bersih menjadi kotor kembali".
Para wali dan semua murid takjub dibuatnya. Dan dengan ijin Allah, nampan
tersebut pun hancur seketika, karena tidak sanggup untuk menampung kotoran lagi.

  Sebuah Renungan:

  Katakanlah seumpama wadah tersebut seibarat hati. Hati yang tadinya kotor dan
berdebu karena berbagai macam dosa yang dibuat, kemudian dibersihkan dan
dibeningkan dengan permohonan ampunan dan amal yang baik.

  Namun jangan pernah sekali-kali ketika hati yang telah bersih, kembali untuk
menampung kotoran dengan amalan yang jelek. Maka hati akan semakin hancur dan
tidak akan sanggup untuk menerima kembali kebaikan.

  Diilhami sebuah hadit yang disabdakan oleh Nabi SAW:"Sesungguhnya dalam
dirimu terdapat segumpal daging, jika baik segumpal daging itu maka baiklah
seluruh anggota tubuhmu, jika segumpal daging itu jelek, maka jeleklah seluruh
anggota tubuhmu, dia adalah hati".

  Tulisan ini dapat dilihat di Website WWW.ksuheimi.blogspot.com

---------------------------------
Never miss a thing.   Make Yahoo your homepage.
Website: http://www.rantaunet.org
- Wajib mematuhi Peraturan Palanta RantauNet, mohon dibaca dan dipahami! Lihat
di http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur dan Lokasi anda pada setiap posting.
- Email attachment, DILARANG!!! Tawarkan kepada yang berminat dan kirim melalui
jalur pribadi.
- Anggota yg posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg
bersangkutan minta maaf & menyampaikan komitmen akan mengikuti peratiran yang
berlaku.