Assalamu'alaikum wr.wb.

http://garudamiliter.blogspot.com/2012/03/kolonel-zulkifli-lubis.html

 Ikut PRRI Sesudah peristiwa itu, saya yang masih buron, lalu ke Palembang,
terus ke Padang. Saya ke sana untuk konsolidasi perjuangan, karena saya
merasa satu ide. Tidak ada yang mengundang saya. Sasaran perjuangan saya
sama, dalam arti ingin mengoreksi pemerintah pusat. Termasuk Nasution. Sama
saya lihat. Maupun dengan Dewan Garuda atau Dewan Banteng. Selama gerakan
mereka itu, mereka juga banyak berhubungan dengan saya. Baik yang di
Sumatera Barat maupun yang di Permesta, Sulawesi.

 Saya ke Palembang kira-kira sebulan setelah Peristiwa Cikini. Saya cuma
berdua dengan Bram. Di Palembang saya bertemu dengan Nawawi, Dahlan
Djambek. Pikiran saya bergabung dengan mereka itu, karena saya kecewa
dengan teman-teman yang sealiran yang ingin mengoreksi pemerintah pusat.
Teman-teman saya itu kebanyakan politisi. Di situ, saya lihat,
kesetiakawanan perjuangan tipis.

 Di Palembang ada diskusi mengenai kelanjutan perjuangan, juga menyampaikan
informasi, juga mendengar informasi. Setelah itu, saya ke Padang. Di Sungai
Dareh, Sumatera Barat, semua berkumpul, baik dari Dewan Banteng, Garuda,
Husein, Vence Sumual. Pertemuan itu merupakan konsolidasi program
perjuangan selanjutnya. Kedua, bagaimana menghadapi pemerintah pusat. Dalam
menghadapi pemerintah pusat, di situ ada beberapa segmen dan segi yang
perlu didudukkan. Satu, bagaimana usaha mempertemukan kembali Dwitunggal
Sukamo-Hatta. Kedua, perlu ketegasan menghadapi angkatan perang. Dalam
menghadapi itu, disepakati konsolidasi bantu-membantu agar kuat menghadapi
pemerintah pusat. Segi politisnya, dibuat program perjuangan. Pertama,
dibuat program jalan damai. Kalau jalan damai tidak ada, akan diciptakan
pemerintahan tandingan. Umumnya, semua sependapat.

 Pada pertemuan pertama di Sungai Dareh, politisi tidak ikut. Mereka ada di
situ. Tapi di ruang pertemuan, cuma tentara. Kalau tak salah, pertemuan itu
ada di sebuah sekolah. Setelah ada kesepakatan di kalangan militer, baru
pertemuan dengan kaum politisi, antara lain Pak Natsir, Pak Prawiranegara,
Pak Burhanuddin Harahap. Pak Sumitro Djojohadikusumo waktu itu belum ada.
Waktu itu belum dibentuk PRRI. Masih dalam taraf mengajak kembali
Sukarno-Hatta sebagai Dwitunggal. Kita mengirimkan delegasi ke Jakarta,
tapi saya lupa namanya. Tapi tidak berhasil. Lalu diadakan pertemuan di
Padang. Juga begitu. Dikirim lagi delegasi jalan damai. Tapi delegasi itu
tak sempat jumpa. Tidak berhasil.

 Kenapa saya ikut PRRI atau ikut dengan kelompok Zuchro, alasan saya
begini. Memang benar saya ikut konstitusi. Tapi, di atas konstitusi itu,
ada lagi kebenaran. Sebab, saya lihat yang lain itu tidak benar, maka itu
saya tantang. Konstitusi itu benar. Tapi saya lihat sudah mereka itu sudah
tidak benar lagi. Jadi, harus dirombak. Jangan didiamkan. Jalan lain tidak
ada. Sungguhpun melawan konstitusi. Bagi saya, yang utama itu adalah
keyakinan pada yang benar.

 Setelah saya uji, keyakinan saya itu benar. Kalau didiamkan, bisa rusak
negara ini. Sedangkan kalau menuruti konstitusi, kita bisa terbelenggu.
Ketidak benaran Nasution dan kaum politisi waktu itu, yang saya lihat,
pertama, dalam arti mengembangkan politik yang stabil, dalam arti dalam
permainan politik maupun dalam menghadapi keamanan. Pada masa-masa itu,
keuangan negara sudah begitu berat. Lalu kita hadapi DI dengan kekerasan.
Mana mungkin. Bukankah akhirnya semua melalui jalan damai, to?

 Dalam menghadapi DI, saya tidak setuju dengan jalan kekerasan. Harus
dengan jalan damai. Dan saya yakin, itu bisa. Kenapa saya yakin? Karena
mereka itu Islam. Kalau sudah jalan damai, berarti mesti bisa. Tidak
mungkin tidak Bukankah ajaran Islam begitu. Baik itu menghadapi
Kartosuwiryo, Kahar Muzakkar, dan Daud Beureuh. Harus jalan damai.

 Sebab, saya anggap, timbulnya semua itu bukan karena semata-mata mau
mendirikan negara dalam negara, pada hakikatnya. Tidak. Kemudian memang
berkembang begitu. Pada awalnya tidak. Semuanya karena kecewa. Karto
Suwiryo pernah kecewa dengan pemerintah pusat karena bersikap kompromostis.
Daud Beureuh juga begitu, karena kecewa dianaktirikan, kasarnya. Kahar
Muzakkar, apalagi. Karena tidak mau dianggap cuma gerombolan, jadi mesti
ada bentuk suatu negara. Supaya ada hukum yang berlaku pada mereka.

 Saya lihat, pemerintah pusat, dalam menghadapi itu, bukannva mendudukkan
masalah pada yang baik, tapi malah untuk mendominasi. Makanya, saya lihat,
tindakan itu lebih banyak subyektivitasnya. Baik dari segi PNI-nya maupun
dari segi Nasution-nya. Kenapa Nasution berbuat begitu pada mulanya, saya
kira dia merasa belum yakin dengan kekuatannya, baik terhadap kaum politik
maupun terhadap angkatan darat. Mungkin, sesudah itu, dia merasa telah
mantap, baru dia mengambil suatu jalan yang pada mulanya sebenarnya dia
setuju dengan jalan damai. Makanya, dia setuju jalan damai dengan Daud
Beureueh, karena dia merasa sudah stabil kekuatannya.

 Di PRRI itu, saya sebagai koordinator militer. Lebih banyak di bidang
koordinasi dan informasi, sebetulnya. Tidak merupakan *command*. Saya
banyak bergerak di Kabupaten Sijunjung, dekat perbatasan Jambi.

 Kegagalan PRRI/Permesta itu, kalau saya lihat karena beberapa faktor.
Faktor pertama, kalau saya ambil dari segi metafisisnya, memang tidak *clean
*. Pejuang-pejuang di daerah itu juga tidak bersih. Masih ada akunya. Ada
rasa ingin dapat kuasa, ingin dapat harta. Tidak *clean leadership.* Belum.
Kedua keberanian itu tidak kelihatan. Hanya beberapa kelompok kecil yang
berani. Banyak yang lari kalau ketemu musuh. Ketiga, karena kami itu
pencar-pencar. Jauh-jauh. Di samping itu, segi materiil juga sangat
terbatas.

 Jadi, kalau ada yang mengatakan bahwa kami yang membuka jalan perang
saudara, itu tidak betul. Kami sadari bahwa kami lemah. Maka, ditempuh
jalan damai. Kita kirim beberapa delegasi. Tapi karena dibom, itu tak ada
jalan lagi. Ya, hadapilah apa yang bisa dihadapi. Memang, dalam perjuangan,
siapa saja yang kita anggap teman, ya, dijadikan teman. Kebetulan, Amerika
paling dekat, karena sama-sama antikomunis. Kita lihat, saat itu
perkembangan komunis mulai pesat di mana-mana. Karena itu, kami berusaha
dekat mereka itu. Saya sendiri secara pribadi tidak punya hubungan dengan
Amerika.

 Yang berhubungan, teman-teman dari Dewan Banteng dan Permesta. Saya
bermarkas di Kewalian Nagari Sungai Limau, di sebelah barat Sungai Dareh.
Anak buah saya yang aktif ikut saya cuma 3-4 orang. Memang kami latih 2
regu. Senjata cuma 2-3 buah.

 Yang banyak berhubungan dengan pihak luar negeri seperti Amerika itu
memang tidak langsung Sumitro, tapi ada memakai jalur dia. Juga jalur
Mister Rasyid, dan jalur Simbolon. Pak Sjafruddin juga punya channel, tapi
yang bertanggung jawab dalam itu, ya Simbolon, sebagai Menteri Luar Negeri.
Pak Sjaf sebagai Perdana Menteri merangkap Menteri Keuangan. Saya tidak
masuk dalam kabinet itu.

 ***

 Setelah diumumkan amnesti dan abolisi di radio, saya tidak membantahnya.
Saya menerima apa adanya. Saya termasuk yang terakhir turun. Saya bebas
setelah Orde Baru. Lalu saya tinggal di Bogor, hingga sekarang ini. Waktu
mula-mula bebas itu, saya berusaha jumpa dengan Bung Karno. Ada beberapa
hal yang ingin saya tanyakan padanya. Karena dia satu-satunya yang tahu
segala macam personalia kita. Saya yakin, Bung Karno akan mau bercerita
pada saya. Karena saya dulu dekat dengan dia. Saya minta izin pada
Pangkopkamtib Sumitro dan KaBakin Suprijono. Tapi tidak dikasih.

Hormat saya

Muhammad Syahreza

Mulailah dari diri kita sendiri, jika setiap kita menjadi lebih baik, maka
Indonesia pasti menjadi lebih baik!

  2. E-mail attachment, tawarkan & kirim melalui jalur pribadi;
http://rantaunet.wordpress.com/2011/01/01/tata-tertib-adat-salingka-palanta-rntaunet/