Assalamualaikum Wr.Wb. Ibu2/Bapak2 pembaca Palanta yang budiman.

Saya mengajak Ibu2/Bapak2 berdiskusi mengenai MRT, karena menurut saya membuat terowongan bawah tanah itu mahal dibanding membuat sesuatu yang diatas tanah. Dibawah tanah itu banyak halanagnya, menggali. lalu membuang galian, indapan air, yang musti dipompa. Yang bisa mengakibatkan level permukaan air bawah tanah menurun, gedung2 sekeliling bisa retak/condong.
Belum lagi air asin yang sudah masuk ke daratan Jakarta.
Sepertinya saya pernah diPalanta ini juga beberapa saat yang lalu ber-koar2 juga tentang ini.

Saya rasa untuk membayangkan ini saja, tak perlu kuliah Technik-Civil, konon pula ke Univ. Elite mana2pun, atau studie kelayakan seperti minta nasihat ke MRT Shanghai atau Singapura (nan labiah dakek jano si-AHOK)
Menurut saya yang awam, ini ada udang dibalik batu, maaf.....
Kan masih ada alternativ lainnya, coba bayangkan dihalaman rumah anda saja misalnya,....... apa lebih murah/ekologis membangun terowongan bawah tanah dari luar jalan hingga kepintu utama rumah anda, dibanding membuat Ramp ketingkat atas, ditata sedemikian rupa.....bangunan didesain bertingkat???????
Belum lagi biaya merawat, yang umumnya jangka panjang, bisa membuat peluang2 bagi yang mau korupsi, biaya bisa membengkak, lihat projekt besar2an diNegara2 Maju.

Wahai cerdik pandai bangsaku terutama Sarjana2 Civil Konstruksi & Ekonomie, bersatulah, jangan RI ini makin terpuruk sangat utangnya.
Janganlah sampai RI ini menyamai Republik Sentral Afrika atupun Kongo.

Wassalam,

Muljadi Ali Basjah.

* Posting yg berasal dari Palanta RantauNet, dipublikasikan di tempat lain wajib mencantumkan sumber: ~dari Palanta R@ntauNet~
2. E-mail attachment, tawarkan & kirim melalui jalur pribadi;
3. One Liner.
- Anggota WAJIB mematuhi peraturan serta mengirim biodata! Lihat di: http://rantaunet.wordpress.com/2011/01/01/tata-tertib-adat-salingka-palanta-rntaunet/
- Untuk topik/subjek baru buat email baru, tdk mereply email lama & mengganti subjeknya.