From: zul amri <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: DIM 10: NAMA ORANG MINANGKABAU
To: RantauNet@googlegroups.com
Date: Wednesday, February 20, 2008, 10:31 AM

Pak Saaf dan sanak palanta yth :

Apa lah artimya sebuah nama , begitu pernah dikatakan  oleh Shakespeare , nama seseorang tidak begitu besar pengaruhnya terhadap perilaku dan perjalanan hidup.
Dr Azyumardi Azra M.A pernah menulis dalam sebuah kata sambutan mengiringi terbitnya buku Bpk Saafroedin Bahar yang berjudul : Masih Ada Harapan , tentang orang-orang Minang  pasca pemberontakan PRRI yang seolah - olah malu untuk menunjukkan  identitasnya  , maka orang tuapun memberikan nama  yang aneh aneh untuk putra putrinya  yang sering sipemberi nama sendiri  tak tahu apa arti nama itu
Ada orang Minang yang bernama  Kardinal , Edward , Ronald , Bob , Geofanni, Antonio dan seterusnya , dan tak sedikit pula yang memakai nama yang ke Jawa-Jawa an . Nama-nama  Islam , atau nama - nama antik  Minang  seperti : Lenggogeni , Andam Dewi , Reno Pinang , Rambun Julai , Yusran , Yursal , Syahril , Yusril dan semacamnya terkalimbun dan hilang dari pasaran .
Dr Azumardi Azra menyebutnya  sebagai gejala psikologis penyembunyian diri ( self- concealment ) dan agaknya merupakan  semacam "escapism" atau psyhchology of the losers , psikologi pecundang ( orang - orang yang kalah ) yang kelihatannya terus menghinggapi orang - orang Minang sampai kini  .
Namun demikian tak seluruhnya  alasan diatas dapat diterima , karena jauh sebelum PRRI , sudah ada juga  orang - orang Minang yang memakai nama yang kalau diperhatikan sepintas tidak menggambarkan keminangan dan Islami seperti nama  Marthias Dusky Pandoe , Carl Chaerul ( Ayahanda Sdr. Dino Antonio yang bermukim di Myanmar)  , Kamalius , Jamalus , Martunus dlsb , tapi saya yakin nama - nama yang saya sebut itu adalah orang Minang dan pasti beragama Islam , apakah ini juga merupakan psikologis penyembunyian diri ? wallahualam .

Wassalam : zul amry piliang ( 60 th + ) di Jimbaran Bali .