2008/2/20 Zulidamel <[EMAIL PROTECTED]>:

> Assalammua'alaikum w.w.

Wa'alaykumus salaam warahmatullahi wabarakaatuh,

> Pertama :
> Apa yang telah saya pelajari tentang Islam dan buku-buku Islam yang saya
> baca umumnya menafsirkan kalimat
>  LA ILAHA ILLALLAH dengan arti  Tiada Tuhan Selain Allah dalan pengertian
> Tuhan adalah yang disembah.
> Ternyata itu adalah penafsiran yang batil, sangat batil. artinya semua kita
> selama ini telah melakukan hal yang sangat Batil.

Lebih tepatnya adalah penerjemahan sebagai "Tiada Tuhan selain Allah"
bisa menimbulkan tafsiran yang sangat batil. Tafsiran yang sangat
batil itu adalah bahwa "setiap yang disembah adalah Allah." Tafsiran
ini adalah dalam keyakinan wihdatul wujud yang meyakini bahwa di dalam
segala sesuatu terkandung unsur Ilahiyah. Oleh karena itu, orang-orang
yang berkeyakinan seperti itu mengatakan bahwa Bani Israil tidaklah
melakukan syirik ketika mereka menyembah sapi emas. Na'udzubillahi min
dzalik.

Tafsiran yang tepat adalah bahwa "tidak ada sesembahan yang haq selain
Allah." Kalimat tauhid mengandung dua perkara yakni:

- kufur terhadap seluruh sesembahan selain Allah
- iman kepada Allah sebagai satu-satunya sesembahan yang haq

Tidaklah terpenuhi tauhid jika tidak terpenuhi dua perkara itu. Jadi
tidaklah beriman orang yang menyakini kekuasaan penciptaan Allah namun
ia masih menjadikan makhluq sebagai sesembahan.

Saya cukup yakin bahwa kebanyakan kita ketika menyatakan "tiada tuhan
selain Allah" maka yang dikehendaki bukanlah tafsiran wihdatul wujud.
Namun untuk menghindari bahaya tafsiran itu, sebaiknya kita nyatakan
secara jelas bahwa "tiada sesembahan yang haq selain Allah."

> Apaka Islam begitu ketat? seperti itu. Kalau iya tentunya orang yang tidak
> bisa menyebut huruf "R" apalagi "L" atau orang tergesa-gesa yang sering
> membaca kalimah tauhid tidak semestinya tidak pernah diterima oleh Allah
> selamanya!.

"Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan
dengarlah serta taatlah" (QS. at-Taghaabun 64:16). Oleh karena itu,
jika kita mampu menghindari kesalahan tafsiran maka lakukanlah itu.
Jika seseorang kesulitan melafazhkan huruf dengan benar walaupun telah
berupaya semampunya maka insya Allah tidaklah ia dibebani lebih dari
itu (namun konsekuensinya tentu ia tidak bisa jadi imam jika ada yang
bacaannya lebih baik).

> Kedua
> Setahu saya membaca alqur'an di kubur dilarang namun diperbolehkan membaca
> do'a dan ayat-ayat Alqur'an selagi kita hafal.

Ziarah kubur adalah hal penting untuk mengingatkan kita akan kematian.
Yang menjadi masalah adalah ketika diiringi hal-hal seperti:

- meyakini adanya barakah pada kuburan tertentu
- meminta kepada ahli kubur
- meyakini hari-hari khusus untuk ziarah tanpa ada dalil yang jelas
- meyaknin bacaan-bacaan khusus untuk ziarah tanpa ada dalil yang jelas

Yang disyari'atkan adalah kita memberi salam kepada ahli kubur muslim
dan kita mendoakan mereka (bukan kepada mereka).

> Ketiga
> Dalam suatu kasus, saya merasa jangal kalau kita mengucapkan salam secara
> lengkap yang kita gunakan untuk memanggil tuan rumah bila kita berkunjung ke
> rumah seseorang.

Yang dimaksudkan penulisan salam yang lengkap itu bukan mesti:
Assalaamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh. Ungkapan
"Assalaamu'alaykum" atau "Assalaamu'alaykum warahmatullah" pun
penulisan yang lengkap. Yang ingin dihindari adalah penulisan dengan
singkatan-singkatan.

Allahu Ta'ala a'lam.

--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.